5 Rekomendasi Tools Analisis Media Sosial

rekomendasi tools analisis media sosial

Kamu seringkali merasa sudah menyiapkan segalanya untuk membuat konten yang keren, membuat caption yang menarik, ternyata hasilnya di luar harapan, alhasil kontenmu tidak berdampak sesuai target yang direncanakan. Nah, bisa jadi karena kamu tidak melakukan analisis media sosial di awal perencanaan konten, padahal analisis belakangan ini jadi satu kewajiaban dalam mengelola media sosial.

Media sosial, saat ini, sudah bukan hanya sebagai alat untuk posting kegiatan sehari-hari, namun juga sudah banyak digunakan untuk berbisnis. Berbagai macam bentuk postingan di media sosial juga sering kita temukan. baik itu yang berbentuk podcast, webinar, live streaming, maupun infografis.

Semakin meningkatnya penggunaan media sosial sebagai alat bisnis oleh masyarakat karena media sosial ternyata lebih mudah untuk promosi dengan budget yang lebih murah dibandingkan dengan promosi via offline. Selain itu, dengan berbisnis lewat media sosial dapat menjangkau lebih luas sasaran pemasaran bisnis.

Nah, tools analisis akan membantu kamu dalam mengelola media sosial agar lebih berdampak. Dengan tools analisis, kamu tidak lagi hanya sekedar posting-posting saja, tetapi kamu juga harus tahu seberapa jauh jangkauan dari konten yang diposting. Tools analisis media sosial juga akan memberi kamu informasi tentang rekomendasi jam posting, konten apa yang paling disukai oleh target audiens, rekomendasi hastag yang bisa kamu gunakan dalam membuat caption, serta akun-akun yang bisa kamu jadikan influencer yang sesuai dengan brand produk atau jasa kamu.

Rekomendasi Tools Analisis Media Sosial

Berikut ini beberapa rekomendasi tools analisis media sosial yang dapat kamu gunakan:

1. Hootsuite

Dengan tools analisis Hootsuite ini kamu bisa mendapatkan data dari berbagai kanal media sosial baik itu Twitter, Facebook, dan Instagram. Mulai dari tingkat sentimen dari post, informasi dari audiens, hingga performa akun.

2. Union Metrics

Melalui Union Metrics kamu dapat melihat konten mana yang memiliki performa terbaik dan dapat melacak tren apa yang sedang relevan untuk kamu ikuti.

3. Keyhole

Keyhole ini menyediakan fitur untuk memonitor perbincangan secara real-time berbagai interaksi dari Facebook, Instagram dan Twitter. Hal ini dapat membantu untuk mengukur dan memperluas interaksi di akun kamu.

4. Socialbakers

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Socialbakers. Mulai dari analisis minat audiens, konten terbaik untuk akunmu, memantau brand, hingga menemukan influencer untuk promosi.

5. Buzzsumo

Buzzsumo dapat menganalisa seberapa luas persebaran konten website di media sosial. Buzzsumo memantau di beberapa media sosial yaitu Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan LinkedIn.

Leave a comment