7 Ide Konten Menarik untuk Content Marketing

Content marketing telah menjadi strategi pemasaran yang semakin populer dan efektif untuk meningkatkan penjualan. Di era yang kompetitif ini, penting untuk mencari cara unik untuk menarik perhatian calon konsumen. Maka dari itu, ide konten harus bervariasi dan menjadi pembeda dengan kompetitor.

Dengan melakukan content marketing, pemilik bisnis dan perusahaan dapat membangun brand awareness dengan lebih mudah sekaligus meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.

Di artikel ini, Gcomm akan membahas tentang definisi dan tujuan content marketing, serta beberapa ide konten unik yang dapat menarik perhatian audiens.

Apa itu Content Marketing?

Content Marketing
Image by rawpixel.com on Freepik

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang bermanfaat dan relevan untuk menarik atau mempertahankan target audiens. Konten yang dihasilkan dapat berupa artikel, video, infografis, dan lain sebagainya.

Tujuan utama dari content marketing adalah untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Tidak hanya itu, strategi ini juga dapat membantu meningkatkan brand awareness, keterlibatan, dan konversi.

Penting untuk diingat bahwa content marketing bukan hanya tentang promosi langsung produk atau layanan. Melalui strategi ini, pemilik bisnis dan perusahaan harus mampu memberikan nilai tambah kepada audiens dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. 

Dengan begitu, mereka akan lebih cenderung mempertimbangkan produk atau layanan yang ditawarkan saat mereka siap melakukan pembelian.

Mengapa Content Marketing Penting?

Content Marketing
Image by rawpixel.com on Freepik

Ada beberapa alasan mengapa content marketing penting untuk dilakukan:

  • Memberikan edukasi dan prospek tentang produk/layanan yang ditawarkan
  • Meningkatkan konversi atau penjualan
  • Membangun hubungan antara pelanggan dan bisnis sehingga meningkatkan loyalitas
  • Menunjukkan bagaimana produk dan layanan mengatasi tantangan yang dihadapi
  • Menciptakan a sense of community terhadap brand

7 Ide Konten Menarik dan Unik untuk Content Marketing

Ada beberapa ide konten yang menarik dan unik untuk para pemilik bisnis dan brand agar strategi content marketing dapat terlaksana dengan efektif. Apa saja ya ide konten tersebut?

1. How-To

Konten How-to
Image by storyset on Freepik

Ide untuk content marketing yang pertama adalah konten how-to atau konten yang menunjukkan cara penggunaan suatu produk. Khususnya untuk pemilik bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan produk, konten seperti ini sangat membantu calon pelanggan yang tertarik membeli produk tersebut.

Konten how-to paling efektif jika dibuat menjadi video, seperti berbagai video singkat how-to yang biasa kita lihat di TikTok atau Instagram Reels. Pastikan juga untuk memasukkan tips khusus yang berkaitan dengan produk.

2. Review Produk

Salah satu faktor yang mendorong kita untuk membeli produk adalah review positif tentang produk tersebut. Nah, membuat konten yang berisi tentang spesifikasi, bahan-bahan, serta review tentang produk yang kita tawarkan akan sangat efektif untuk menggaet calon pelanggan.

Pemilik bisnis juga bisa mencantumkan atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pelanggan sebelum membeli produk. Jangan lupa juga untuk menjelaskan keunggulan produk dari para pesaing lain.

Baca Juga: Politik Digital dan Media Sosial

3. Behind the Scenes

Behind the Scenes
Image by storyset on Freepik

Salah satu konten video yang populer untuk bisnis adalah video behind the scenes. Video ini sangat unik dan menarik karena memungkinkan pelanggan untuk mengenal brand secara lebih dalam lagi.

Ada beberapa ide video behind the scenes seperti video “A Day in My Life” atau video yang menunjukkan pembuatan produk hingga sampe proses pengemasan. Jenis video ini sangat simple, tidak memakan biaya yang besar, dan bersifat original.

4. Infografis

Ide konten selanjutnya adalah infografis. Jenis konten ini sangat menarik secara visual dan mampu mengubah data atau statistik yang kompleks menjadi informasi yang mudah dicerna oleh audiens. 

Maka dari itu, konten infografis sangat cocok untuk perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi atau pemerintah yang ingin menyampaikan informasi kepada publik. 

Konten infografis juga lebih mudah untuk dibagikan ke berbagai platform media sosial dan website. Selain itu, infografis yang menarik dan akurat juga dapat meningkatkan kepercayaan dan reputasi brand.

5. Podcast

Konten Podcast
Image by Freepik

Podcast merupakan salah satu ide konten yang paling populer saat ini. Alasan utama yang membuat podcast menarik audiens adalah karena mereka dapat mengonsuminya di mana saja dan kapan saja. Misalnya ketika mereka sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, berolahraga, atau bahkan sedang bekerja. 

Kita bisa mengangkat tema atau topik yang berkaitan dengan produk/layanan yang ditawarkan atau tentang hal-hal lain yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Podcast juga memungkinkan kita untuk mengembangkan koneksi dengan audiens. Jenis pembicaraan di podcast biasanya casual sehingga membuat audiens merasa semakin dekat dan akrab.

6. Kuis dan Polling

Ide konten selanjutnya adalah kuis dan polling. Nah, konten interaktif seperti kuis dan polling ini merupakan cara terbaik untuk melibatkan audiens karena memerlukan partisipasi mereka.

Ketika kita secara aktif melibatkan audiens dalam konten, kemungkinan besar audiens tersebut akan mengingat dan terus kembali berinteraksi dengan konten-konten kita yang lainnya.

Kuis atau polling tidak harus terus-terusan berkaitan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Kita bisa membuat kuis yang asyik dan seru seperti kuis trivia atau polling tentang makanan Indonesia yang paling enak. 

7. Konten Inspiratif

Quotes of the Day
Image by storyset on Freepik

Ide konten untuk content marketing yang terakhir adalah konten inspiratif. Jenis konten ini banyak macamnya, seperti quotes of the day atau video yang menunjukkan perjalanan panjang suatu brand atau perusahaan hingga mencapai kesuksesan.

Alasan utama kenapa konten inspiratif sangat efektif menggaet calon pelanggan adalah karena konten tersebut mampu menimbulkan perasaan sentimental terhadap brand atau perasaan semangat dan antusias.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top