Social Media Agency: Pengertian, Tugas, dan Manfaat Bagi Bisnis Kamu

Perusahaan besar biasanya memiliki pihak ketiga untuk mengurus social media. Contohnya seperti lembaga pemerintahan kementerian ataupun perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia. Mereka menggunakan jasa social media agency agar memudahkan perusahaan untuk melakukan branding. Lebih dari itu, perusahaan tidak perlu memikirkan hal-hal detail seperti pembuatan konten, strategi agar produk semakin dikenal melalui social media, serta apabila terjadi krisis yang menimpa brand tersebut. Hal itu sudah ditanggung semua oleh agensi. 

Lalu sebenarnya apa sih pengertian, tugas, manfaat, dan solusi yang ditawarkan oleh social media agency? Mengapa sebuah perusahaan membutuhkan pihak ketiga untuk mengurus media sosial mereka? 

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail mengenai hal tersebut. Yuk simak artikel ini sampai habis! 

Pengertian Social Media Agency

social media agency

Menurut KBBI agensi adalah kantor agen yang berhubungan dengan kegiatan bisnis. Agensi ini biasanya menyediakan berbagai layanan bisnis kepada pihak lainnya. Agensi juga termasuk ke dalam jenis bisnis B2B atau business to business

Social media agency secara sederhana berarti kantor agen yang menawarkan jasa untuk mengurus media sosial suatu perusahaan secara keseluruhan, dari mulai konsep, strategi, hingga eksekusi konten. 

Hasil kpi atau key performance indicator pun dapat ditentukan oleh perusahaan kepada agensi sesuai yang diinginkan. Agensi yang baik biasanya akan memenuhi standar penilaian tersebut bahkan melebihi ekspektasi klien. 

Salah satu contohnya adalah agensi G-Communications yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada klien. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada klien, hasilnya menunjukkan bahwa klien merasa sangat puas dengan kinerja yang selama ini diberikan. Bahkan rata-rata capaian KPI-nya pun selalu mencapai 100%. 

Tugas Social Media Agency 

social media agency
cr: pexels

Biasanya setiap agensi memiliki perbedaan tugas yang ditawarkan. Tergantung pada besarnya biaya atau paket bundling yang tersedia. Adapun tugas agensi media sosial yang ditawarkan oleh G-Communications sebagai berikut. 

1. Social Media Planning

Membuat strategi atau perencanaan media sosial agar kampanye tepat sasaran dan efektif. Merumuskan perencanaan ini tentu bukan pekerjaan yang mudah, diperlukan analytical thinking yang baik agar rencana-rencana yang sudah disusun dapat direalisasikan. 

2. Social Media Content

Menyiapkan atau memproduksi konten materi media sosial untuk klien berupa: Memes, Infografis, motion graphic, dan video 1 menit. Konten ini menjadi inti dari media sosial. Produksi konten pun tidak hanya sebatas konten yang penting jadi tetapi harus disesuaikan dengan content pillar dari perusahaan klien. Klien dapat meminta berapa konten yang akan diproduksi dalam seminggu. Virality pun masuk ke dalam penilaian konten, zaman sekarang konten viral itu merupakan suatu keharusan. Viral dalam arti baik pastinya ya. 

3. Social Media Monitoring

Memonitoring percakapan di media sosial terkait dan merespon dengan berbagai pendekatan: Influencer dan konten positif. Media monitoring ini dapat menilai bagaimana reaksi konsumen terhadap produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan. Hal tersebut dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk melakukan improvisasi terhadap produk atau jasa mereka. 

4. Crisis Management

Melakukan identifikasi dan evaluasi atas berbagai isu (krisis) yang berdampak terhadap perusahaan serta mencari solusi terkait dengan isu tersebut dalam perusahaan. Manajemen krisis yang baik tentu dapat mempertahankan brand yang selama ini kamu bangun. Jangan sampai ketika terjadi krisis, perusahaan malah bersikap tidak peduli dan membiarkan hal tersebut reda dengan sendirinya. Dengan memakai jasa agensi, hal tersebut tidak akan terjadi karena agensi pasti akan menawarkan manajemen krisis yang baik. 

Editor’s Pick

5. Research Analytic

Membuat riset komunikasi klien yang dapat digunakan oleh tim untuk merancang strategi komunikasi instansi-lembaga/personal, dan membuat rekomendasi kebijakan komunikasi. 

6. Social Media Ads

Pemasaran media sosial adalah proses mempromosikan konten melalui iklan media sosial, kampanye hashtag (Trending Topic, Paid Promote, Boost Viewer). Keunggulan social media ads juga dapat menjangkau target market lebih luas dan kemungkinan customer melakukan konversi lebih tinggi.

Manfaat dan Solusi Social Media Agency Bagi Bisnis Kamu 

Social media agency
Foto oleh Pixabay

1. Mengefektifkan Biaya yang Dikeluarkan oleh Perusahaan 

Dengan menggunakan pihak ketiga dalam ranah pengurusan media sosial dapat mengefektifkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk merekrut dan menggaji beberapa karyawan dengan kompetensi tertentu di setiap bulannya. 

Agensi pun biasanya sudah memiliki paket yang cukup komprehensif dalam mengurus masalah media sosial. Dengan hanya membayar satu agensi saja masalah media sosial dapat terselesaikan dan terurus dengan baik dengan harga yang lebih terjangkau. 

2. Mempermudah Pekerjaan 

Walaupun perusahaan masih dan pasti bertanggung jawab atas media sosial tersebut, tetapi perusahaan tidak perlu memikirkan detail kontennya seperti apa, desainnya seperti apa, dan akan di post jam berapa. Karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab agensi.

3. Hasil yang Maksimal 

Agensi bertanggung jawab atas hasil dari media sosial yang mereka handle. Key performance indicator seharusnya dapat mencapai 100% agar klien merasa puas dan dapat melakukan repeat order. Beberapa agensi yang baik pasti akan memberikan hasil yang maksimal. 

4. Mengembangkan Bisnis Lebih Cepat 

Setiap agensi pasti memiliki tenaga ahli yang profesional. Keahliannya dalam mengurus media sosial tidak perlu diragukan lagi. Sehingga strategi yang diterapkan pasti akan membantu perkembangan bisnis kamu lebih cepat. Jika satu campaign saja berhasil dengan tingkat virality yang cukup tinggi serta mendorong konsumen maupun calon konsumen untuk konversi maka bisnis dan brand kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang. 

5. Branding Perusahaan 

Media sosial menjadi tempat branding paling ampuh bagi perusahaan. Brand awareness yang dibangun melalui media sosial dapat diukur dari tools insights yang disediakan. Semakin bagus dan menarik konten yang disediakan maka branding sebuah brand tersebut akan semakin meningkat. Jangan lupa untuk selalu meminta report setiap bulan agar kamu dapat memantau bagaimana kinerja agensi sebagai pihak ketiga. 

Wrap up! Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui terkait social media agency. Ingin tahu lebih lanjut dan bagaimana kinerja sebuah social media agency? Hubungi kami di sini!



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top