Political Digital Branding: Strategi Ampuh Kampanye Politik

Overview 

political digital branding
Image by storyset on Freepik

Era digital mengharuskan semua orang untuk terus beradaptasi dengan perubahan yang begitu dinamis. Begitu pula dengan kampanye politik yang harus mulai beralih dari kampanye konvensional menjadi kampanye berbasis digital. Digital branding dalam politik berpengaruh cukup signifikan untuk hal kampanye yang maksimal.

Hampir 90% masyarakat Indonesia sudah menggunakan internet dalam kesehariannya. Penggunaan terbesar adalah media sosial. Media sosial menjadi tempat komunikasi dua arah yang membuat penggunanya dapat melakukan interaksi secara cepat walaupun terhalang jarak. Selain itu, media sosial menawarkan penyebaran informasi yang cepat kepada masyarakat. 

Sehingga dari data tersebut seharusnya para calon kandidat yang akan berpartisipasi dalam pesta politik mulai memikirkan strategi political digital branding yang akan digunakan untuk menarik simpati masyarakat. 

Jika melihat kilas balik pada pesta politik tahun 2014, kemenangan Jokowi sebagian besar dipengaruhi oleh digital branding yang berhasil dibangun oleh tim kemenangannya. Selain Jokowi, Gubernur seperti Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo yang berhasil membangun digital branding melalui media sosial yang mereka miliki. Sehingga hasil yang mereka raih adalah kemenangan. 

Berdasarkan pada hal tersebut, political digital branding berhasil menjadi strategi yang ampuh dalam melakukan kampanye politik. 

Peran Political Digital Branding

political digital branding
Image by rawpixel.com on Freepik

1. Meningkatkan Elektabilitas 

Elektabilitas adalah tingkat keterpilihan seorang calon kandidat politik. Mengapa political digital branding dapat meningkatkan elektabilitas? Beberapa hal yang mempengaruhinya adalah semakin terkenal calon kandidat politik di kalangan masyarakat maka tingkat keterpilihannya semakin meningkat. Digital branding memudahkan Anda untuk melakukan penyebaran informasi secara cepat mengenai visi misi serta pencapaian-pencapaian dan kinerja Anda selama ini. Sehingga hal tersebut dapat berpengaruh pada tingkat elektabilitas. 

2. Menjangkau Target Pemilih Lebih Luas 

Keuntungan lain dari political digital branding adalah menjangkau target pemilih yang lebih luas. Internet memberikan kemudahan bagi orang-orang yang berada di berbagai penjuru dunia dapat mengakses informasi yang sama. Selain itu, Anda dapat memilih gaya komunikasi yang berbeda sesuai dengan generasi target pemilih. Menjangkau calon pemilih yang tepat tentu menjadi sebuah nilai plus agar nilai, visi, dan misi yang ingin Anda sampaikan kepada pemilih tersampaikan dengan baik sehingga tidak adalah kesalahan akibat dari gaya komunikasi yang tidak sesuai. 

3. Personal Branding yang Lebih Dekat dengan Masyarakat 

Zaman sekarang masyarakat mengharapkan pemimpin atau wakil rakyat yang dekat dan dapat berinteraksi dengan rakyat secara langsung. Salah satu media yang dapat Anda gunakan adalah media sosial. Di mana hampir seluruh masyarakat sudah mulai menggunakan media tersebut. Anda dapat membaca keluh kesah masyarakat yang menjadi pain points mereka, sehingga nantinya hal tersebut dapat menjadi dasar strategi dan isi dari kampanye Anda. 

Tidak hanya itu, tetapi Anda juga dapat membalas keluhan tersebut secara langsung dengan membalas komen di kolom komentar. Hal tersebut menggambarkan bahwa Anda dekat dan peduli pada setiap keluhan masyarakat. 

4. Natural Campaign 

Janji-janji yang diberikan seperti pada kampanye konvensional mulai tidak dilirik oleh masyarakat. Menarik perhatian masyarakat sudah tidak relevan dengan kampanye yang berapi-api. Mungkin jika di kalangan internal partai politik hal tersebut dapat meningkatkan semangat juang. 

Tetapi melalui personal branding media sosial, Anda dapat melakukan natural campaign. Maksud dari natural campaign adalah kampanye yang tidak terlihat seperti kampanye. Anda dapat memposting berbagai hal yang dapat meningkatkan pamor dan kepercayaan publik. Seperti memposting kinerja Anda selama ini dengan gaya komunikasi yang santai. Bercanda dengan followers dengan saling berbalas komen, menunjukkan bahwa Anda adalah calon kandidat politik yang ramah dan peduli dengan masyarakat. 

Selain itu, Anda juga dapat menjabarkan visi misi ke depannya dalam bentuk video yang menarik. Tidak hanya tulisan-tulisan yang memiliki susunan kata yang cukup rumit, tetapi penjelasannya pun harus sampai ke masyarakat. Penjelasan tersebut dapat berbentuk memes, ilustrasi, maupun video reels dengan menggunakan trending audio. 

5. Big Data Analysis and Management 

Pengelolaan data yang cukup besar dalam mengkategorikan jenis-jenis pemilih, seperti loyal voters, swing voters, hingga voters di kalangan millennial. Hal tersebut membutuhkan ratusan hingga ribuan konten, artikel, foto, video, konsep yang diproduksi secara konsisten. Dengan konten tersebut, komunikasi antara calon pemilih dan calon kandidat politik dapat terjalin setiap hari. Keuntungan lainnya adalah Anda hanya cukup satu kali klik untuk menyebarkan konten tersebut ke berbagai pelosok tempat yang ingin dijangkau. Kampanye konvensional jelas tidak secanggih ini. 

G-Communications Sebagai Partner Political Digital Branding Anda!

political digital branding
Image by macrovector on Freepik

G-Communications merupakan PR Agency yang sudah berpengalaman dalam menangani kampanye online tokoh politik. Kami menawarkan strategi dan konsep political digital branding yang dapat meningkatkan citra baik Anda di media sosial. 

Kenapa G-Communications? 

1. Jasa PR Profesional 

Kami telah berkecimpung di dunia public relations selama lebih dari 10 tahun. Banyak klien merasa puas dengan kinerja yang sudah kami berikan. Tim yang profesional dan berpengalaman akan memberikan hasil yang terbaik bagi setiap calon legislatif yang menggunakan jasa kami. 

2. Berfokus Pada Hasil yang Maksimal

Layanan kami berfokus pada hasil interaksi dengan audience yang maksimal. Meningkatkan brand awareness agar target audience mengenal terkait visi misi dan program kerja yang diangkat oleh calon legislatif. Serta meningkatkan engagement rate antara audience dan pihak dari partai politik. 

3. Hemat Biaya dan Waktu 

Dengan menggunakan jasa PR, Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Serahkan semuanya kepada kami terkait strategi, citra partai politik, citra tokoh politik, manajemen krisis saat kampanye online berlangsung. 

4. Menjangkau Target Audience yang Tepat 

Kami dapat menjangkau target audience yang tepat dengan menggunakan beberapa tools dan strategi yang selama ini kami terapkan. 

5. Monitor Media Secara Komprehensif 

Media monitoring dilakukan melalui televisi, media cetak, dan media online selama 24 jam nonstop. Dengan melakukan media monitoring, Anda dapat mengetahui bagaimana persepsi publik dan citra Anda di masyarakat. 

START YOUR CAMPAIGN!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top