Marketing Funnel: Pengertian dan Implementasinya Bagi Bisnis

marketing funnel
Image by Freepik

Neil Patel memiliki penjelasan yang sederhana dalam memahami apa itu marketing funnel. Prinsipnya sama seperti corong. Ia mengibaratkan funnel itu adalah sebuah proses, yang kerap terlihat dalam situs-situs yang kita akses sehari-hari.

Mungkin kamu masih bingung ya mengenai apa itu marketing funnel. Oke, mari kita bahas lebih lanjut. 

Kamu pasti pernah dong membeli sebuah produk. Tentunya, sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut, kamu melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu, kan. Seperti mencari info, menimbang-nimbang, dan seterusnya. Nah, apa yang kamu lakukan itu merupakan bagian dari tahapan funnel.

Jadi, marketing funnel inil adalah marketing yang menjelaskan bagaimana seseorang bisa mengenal sebuah brand, produk, jasa, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menjadi pelanggan setia.

Marketing funnel ini sangat penting karena mampu mengidentifikasi strategi dan jenis konten yang baik dan tepat, lho. Tentunya strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan.

Marketing Funnel: AIDA MODEL

marketing funnel
Image by Freepik

Dalam strategi ini, terdapat model AIDA yang terkenal di kalangan para marketer.

1. Awareness

Tahap ini adalah tahap yang menggambarkan bagaimana audiens mulai sadar akan apa yang menjadi kebutuhannya. Di tahap ini, mereka akan mulai mencari tahu mengenai brand, produk, atau jasa yang berkaitan dengan apa yang mereka butuhkan. 

2. Interest

Tahap ini adalah tahap di mana audiens mulai merasa tertarik dan terpikat akan suatu produk, brand, dan jasa yang ditawarkan. Pada tahap ini biasanya mereka akan mencari info lebih spesifik untuk meyakinkan dirinya bahwa produk atau jasa tersebut memang dibutuhkan.

Baca Juga: Public Relations 101: Tokoh PR yang Paling Berjasa

3. Desire

Tahap ini adalah tahap di mana audiens tidak lagi hanya merasa tertarik dan terpikat namun juga mulai merasa harus memilikinya. Di tahap ini, biasanya audiens mulai berniat untuk melakukan pembelian.

4. Action

Tahap ini adalah tahap di mana konsumen mulai memutuskan untuk membeli dan melakukan transaksi. 

Strategi Pemasaran

Bagaimana strategi pemasaran dalam setiap marketing funnel. Berikut penjelasannya!

1. Awareness

Tahap ini adalah tahap di mana kamu harus memikirkan bagaimana caranya agar audiens bisa menemukan layanan atau situsmu. Kamu bisa melakukan ini dengan advertising, meningkatkan performa peringkat di mesin pencarian, atau juga bisa dengan menggunakan jasa influencer.

2. Interest

Seperti yang dijelaskan sebelumnya,  jika tahap ini adalah tahap di mana audiens mulai merasa tertarik dan terpikat. Di tahap ini kamu harus membuat informasi atau konten untuk memperkuat keyakinan konsumen terhadap brand, produk, dan jasa yang kamu tawarkan. Kamu bisa menerapkan strategi content marketing dan product review pada tahap ini. 

Baca Juga: Political Digital Branding: Strategi Ampuh Kampanye Politik

3. Desire

Berikanlah informasi lebih lanjut untuk membuat konsumen memiliki keinginan kuat untuk membeli apa yang kamu tawarkan. Di tahap ini, fokuslah pada cara membujuk

4. Action

Pada tahap ini, buatlah kemudahan untuk audiens dalam melakukan transaksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top