Digital Marketing Overview: Pengertian dan Prospek Karir

digital marketing
Image by pikisuperstar on Freepik

Mungkin di era digital istilah digital marketing sudah sangat lumrah bagi publik. Apalagi ketika pandemi Covid-19 terjadi, ketika semua aktifitas beralih menjadi online dan memanfaatkan berbagai macam kanal digital. Rasanya semua orang berbondong-bondong untuk mengikuti dan mengadakan kelas digital marketing. Sehingga penggunaan media sosial, search engine, dan berbagai macam tool digital marketing semakin marak dan digandrungi oleh orang-orang.

Artikel ini akan membahas digital marketing overview secara keseluruhan dengan penjelasan yang cukup singkat dan mudah untuk kamu pahami.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah segala bentuk pemasaran yang menggunakan berbagai media secara digital. Selanjutnya digital marketig adalah segala sesuatu yang berbentuk online yang bertujuan untuk menjangkau banyak orang dalam memasarkan suatu produk atau jasa. Nah, digital marketing ini memiliki berbagai macam jenis dan memanfaatkan berbagai macam media. Seperti situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya.

Kanal Digital Marketing

digital marketing
Image by macrovector on Freepik

Beberapa kanal digital marketing yang dapat kamu pahami lebih lanjut dan menjadi seorang yang ahli dalam bidang tersebut!

1. Social Media Marketing

Siapa yang tidak memakai media sosial di era digital? Media sosial menjadi sumber berita dari paling update dari seluruh dunia. Maka tidak aneh, ketika media sosial menjadi salah satu kanal pemasaran yang paling berguna. Ketika semua orang sudah malas dengan iklan yang terlalu hard selling, para audiens justru mengharapkan sesuatu yang baru dan segar.

Social media marketing ini paling banyak digunakan oleh perusahaan. Baik dari perusahaan besar maupun dari perusahaan setara UMKM. Bahkan, Tiktok, salah satu media sosial yang sedang hits menjadi tempat beriklan 0 rupiah. Tidak harus menggunakan fitur iklan yang disediakan, karena jangkauan video Tiktok sangat luas sekali. Ringkasnya kamu bisa menumbuhkan followers dengan cepat jika selalu rutin membuat konten yang menarik.

2. SEO/SEM

SEO atau Search Engine Optimization bertujuan agar setiap kata kunci yang berhubungan dengan perusahaan berada di peringkat pertama dalam pencarian. Proses SEO ini memakan waktu yang cukup lama hingga 6 bulan bahkan satu tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemampuan SEO dapat kamu pelajari dengan mengikuti beberapa kursus SEO atau masuk ke dalam networking SEO Specialist.

Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing sebenarnya hampir mirip dengan SEO yang bertujuan agar kata kunci yang berkaitan dengan perusahaan bisa muncul di hasil paling atas pencarian, bedanya SEM menggunakan fitur iklan yang sudah Google sediakan, seperti Google Ads. Jika menggunakan layanan iklan, maka pencarian pada kata kunci tertentu biasanya langsung ada di halaman pertama. Lebih mudah tetapi lebih banyak membutuhkan budget.

3. Email Marketing

Salah satu tools yang dapat kamu manfaatkan dalam email marketing adalah mailchimp. Mailchimp ini membantu perusahaan untuk melakukan pemasaran dengan mengirimkan email kepada target audiens. Kamu mungkin sering mendapatkan email dari perusahaan terkait tawaran suatu produk, informasi promo, diskon, dan lain sebagainya. Nah itu merupakan salah satu bentuk email marketing.

4. KOL

KOL atau Key Opinion Leader adalah orang yang akan kamu jadikan sebagai orang yang dapat menyampaikan nilai atau value dari suatu produk. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai pengaruh dan followers yang banyak di akun media sosialnya. Bahkan semakin besar pengaruh orang tersebut maka KOL tersebut layak untuk dipilih.

5. Content Marketing

Era sekarang disebut sebagai era tsunami konten, di mana berbagai macam konten bertebaran di seluruh jagat maya. Bahkan zaman sekarang menjadi seorang content creator memiliki jenjang karir di beberapa perusahaan.

Prospek Karir Digital Marketing

digital marketing
Image by vector4stock on Freepik

Berikut pilihan karir dalam bidang digital marketing. Pada dasarnya, digital marketing tidak dapat dikuasai oleh satu orang.

  • Digital Media Managers
  • Pay-Per-Click Managers
  • SEM/SEO Specialists
  • Content Strategists
  • E-commerce Specialist
  • Brand Marketing Expert
  • Social Media Marketers

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top