Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic Web Secara Organik

Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic

Teknik SEO sebenarnya tidak ada yang tahu secara pasti. Karena algoritma Google itu rahasia perusahaan. Tetapi kita bisa memaksimalkan hal tersebut dengan beberapa teknik yang sudah diimplementasikan oleh para SEO Specialist.

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik yang biasa digunakan oleh para marketer untuk meningkatkan hasil pencarian dengan keyword tertentu. Hal ini dapat membantu nama brand kamu untuk tampil di halaman pertama atau top of mind di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, Baidu, dan lain-lain.

Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic Web

Berikut beberapa teknik SEO yang dapat meningkatkan traffic web yang bisa kamu coba implementasikan untuk website bisnis!

1. Tentukan Target Keyword

Menentukan target keyword membutuhkan riset terlebih dahulu. Karena kita harus tahu keyword apa yang biasa dipakai oleh orang untuk mencari tahu sesuatu yang spesifik. Cara melakukan riset kata kunci, kamu bisa menggunakan Google Trends, Google Keyword, atau Ubersuggest. Tools tersebut bisa kamu gunakan secara gratis.

Tips yang lain, yang biasa digunakan oleh para SEO Specialist adalah manfaatkan long-tail keyword atau kata kunci yang cukup panjang. Misalnya ketika kamu ingin menargetkan kata kunci “Jual Laptop” gunakanlah kata kunci yang lebih panjang seperti “Jual laptop murah Bandung”. Menyebutkan nama daerah pun akan mempermudah kamu untuk berada di halaman pertama pencarian semakin cepat.

2. Membuat Konten yang Menarik

Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic
Image by rawpixel.com on Freepik

Google akan menilai konten yang unik ketika kamu tidak plagiat dari konten orang lain. Konten yang menarik akan cepat sampai di halaman pertama dan mendapat klik yang lebih banyak hingga traffic website meningkat. Membuat konten di web ini memang lebih menantang dibandingkan membuat konten di media sosial.

Kamu harus berpikir untuk membuat artikel yang secara isi mungkin sama dengan orang lain, tapi bagaimana kamu mengemaskan untuk terlihat menarik dan memang memuat informasi yang dibutuhkan oleh pembaca.

3. Optimasi Meta Description

Berdasarkan pengalaman saya, meta description ini sangat penting untuk meningkatkan pencarian di halaman pertama mesin pencari, khususnya Google. Buatlah meta description yang mengandung kata kunci yang kamu tetapkan sebelumnya. Jangan menggunakan excerpt, karena kata-kata yang otomatis tidak dapat memaksimalkan teknik SEO.

Link building ini mengharuskan kamu untuk menaruh link internal atau link yang mengarah pada situs web sendiri di artikel yang kamu buat, contohnya seperti ini. Selanjutnya menaruh external link, atau link yang mengarah pada website luar. Hal ini berpengaruh pada peningkatan posisi artikel atau konten yang kamu buat.

5. Atur Kecepatan Website

Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic

Untuk melihat kecepatan website, kamu bisa melihatnya di GTMetrix. Tinggal masukkan alamat url website dan tunggu hasilnya. Website yang baik akan memiliki waktu di bawah 3 detik untuk masuk ke homepage website. Google akan menilai situs web yang memiliki kecepatan yang baik dianggap sebagai situs yang bagus hingga halaman tersebut akan naik ke peringkat atas dalam mesin pencari.

Backlink merupakan menyimpan atau menanamkan link di artikel luar yang mengarah pada situs web milik kita serta ada fitur yang gratis ada pula yang berbayar. Caranya kamu dapat membuat artikel di platform gratis seperti kaskus, kompasiana, medium, dan lain sebagainya lalu tanamkan link website milik kita di artikel tersebut.

Sedangkan untuk backlink berbayar kamu bisa cek di sini.

7. Optimasi Melalui Media Sosial

Jangan lupa untuk memaksimalkan media sosial yang kamu miliki. Kamu bisa memasukkan link artikel ke dalam linktree yang ada di bio. Atau artikel tersebut dijadikan konten visual dan di caption kamu tambahkan call to action (CTA) berupa arahan untuk membaca lebih lanjut terkait hal tersebut di artikel.

8. Optimasi Alternatif Teks untuk Gambar

Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic

Ketika kamu membuat artikel, wajib hukumnya untuk menambahkan gambar. Nah jangan lupa untuk memberikan alt text pada gambar tersebut sesuai dengan keyword yang kamu tuju. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

9. Iklan Berbayar

Rasanya ketika ada orang yang bilang bahwa SEO itu gratis, hmmm mustahil. Jika ingin cepat untuk berada di top of mind, maka gunakanlah paid ads, seperti google ads. Otomatis keyword yang kita tuju akan ada di atas hasil pencarian.

10. Evaluasi Metriks SEO melalui Google Analytics

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi dan analisis SEO melalui Google Analytics. Hal ini akan membantu kamu dalam melihat demografi dan karakteristik user atau pengunjung website. Kamu juga bisa melihat berapa banyak pengunjung baru dalam satu bulan, dan berapa kali yang melakukan retensi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top