Google Trends: Mengenal Apa itu Google Trends?

Sebagian orang mungkin baru mengenal Google Trends. Suatu aplikasi atau tools gratis yang disediakan oleh Google untuk mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan oleh warganet. Artikel ini akan membahas apa itu google trends serta berbagai hal yang harus kamu ketahui mengenai google trends.

apa itu google trends

Google trends adalah alat untuk menganalisis yang disediakan oleh google secara gratis yang memudahkan kita untuk mencari dan membandingkan topik atau tren yang ada. Selain itu, Google Trends adalah fitur tren pencarian yang berguna yang menunjukkan seberapa sering istilah pencarian tertentu dimasukkan ke mesin pencari Google terhadap total volume pencarian situs selama periode waktu tertentu.

Google Trends dapat digunakan untuk penelitian perbandingan kata kunci dan untuk menemukan lonjakan yang dipicu oleh peristiwa dalam volume pencarian kata kunci tertentu. Serta menyediakan data terkait kata kunci termasuk indeks volume pencarian dan informasi geografis tentang pengguna mesin pencari.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Hal dasar yang dapat kamu lakukan pertama kali adalah memasukkan kata kunci pada kolom pencarian di google trends. Masukkan kata kunci yang ingin kamu telusuri untuk menemukan hal hal apa saja yang dibicarakan oleh orang-orang. Nanti akan muncul beberapa hasil yang menunjukkan orang di daerah mana saja yang melakukan pencarian terhadap kata kunci tersebut.

Serta akan terlihat grafik tingkat pencarian melalui berbagai jenis penelusuran, seperti web search, image search, news search, dan youtube search. Kamu pun bisa memilih jangka waktunya, apakah penelurusan dalam 12 bulan terakhir atau 3 bulan terakhir, semuanya dapat kamu custom.

Baca Juga: Tips Menyusun Campaign di Social Media

Selanjutnya kamu dapat melakukan komparasi antar kata kunci. Untuk membandingkan istilah penelusuran satu sama lain, tambahkan istilah penelusuran dengan “add comparison”. Kamu dapat memilih hingga lima istilah penelusuran berbeda untuk perbandingan. Saat membandingkan, pastikan semua jenis kata kunci yang sama untuk hasil yang lebih baik.

apa itu google trends

Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?

Kamu dapat menggunakan data yang ditemukan di Google Trends untuk beberapa tujuan pemasaran yang berbeda:

1. Paid Ads

Data Google Trends dapat digunakan untuk membuat kampanye dan membantu perencanaan biaya serta penyimpanan inventaris kata kunci. Selain itu, kamu dapat menggunakan Google Trends untuk menemukan istilah yang sedang tren serta tidak relevan yang perlu kamu tetapkan sebagai kata kunci negatif, sehingga hasil penelusuran tidak terlalu memengaruhi biaya.

2. SEO dan Content Marketing

Gunakan Google Trends untuk mempelajari apa yang dicari oleh target audiens brand kamu. Menulis tentang topik yang sedang tren dapat membantu mengarahkan lalu lintas atau traffic secara organik ke website kamu.

3. Materi Iklan

apa itu google trends
Image by rawpixel.com on Freepik

Jelajahi Google Trends untuk melihat topik apa yang saat ini hangat dibicarakan di publik. Mereferensikan topik yang sedang tren (seperti jenis musik atau tarian baru yang sedang happening) dalam kampanye iklan, apakah itu google ads, iklan Facebook, yang dapat meningkatkan keterlibatan iklan.

Lebih dari itu, berikut beberapa manfaat dari Google Trends:

  • Riset pasar
  • Riset produk
  • Riset kata kunci untuk SEO
  • Berbagai macam tren di beberapa lokasi

Baca Juga: Tips Memilih PR Agency di Indonesia

  • Riset tren musiman
  • Menentukan istilah atau kata kunci yang stabil
  • Membantu dalam digital marketing
  • Perbandingan antar brand

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top