Sejak adanya pandemi covid-19, membuat hampir dari banyak kalangan beralih menjadi seorang pelaku bisnis. Sehingga, hampir segala sektor bisnis yang ada, aktivitasnya berubah menjadi online. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam era pandemi adalah social media monitoring.
Mulai dari Tiktok, Twitter, Instagram, Facebook, menjadi media yang sering dan paling populer di antara para pelaku usaha untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai brand, produk dan juga jasa yang mereka miliki.
Media sosial tentu memiliki banyak kegunaan bagi para pelaku usaha, seperti halnya berguna untuk mendekatkan mereka dengan para audiens. Ringkasnya, dengan memanfaatkan sosial media, perusahaan akan jauh lebih mudah dan cepat dalam memberikan respons atas segala keluhan, pertanyaan, dan pernyataan konsumen.
Sayangnya, banyak dari pelaku usaha yang lupa dalam mengamati media sosial. Padahal, pada kenyataannya, social media monitoring ini sangat penting dalam melihat perkembangan proses bisnis yang sedang berjalan. Selain itu, tidak hanya mengenai pada proses pembuatan konten saja, lho. Dengan mengamati fenomena yang ada di media sosial, kamu bisa dengan cepat menemukan pembahasan mengenai brand, produk, atau jasa yang kamu miliki.
Pengertian Social Media Monitoring
Btw, kalian udah tahu belom mengenai social media monitoring itu apa?
Social media monitoring ini adalah suatu proses pengamatan mengenai pembicaraan publik terhadap brand, produk, atau jasa yang kamu miliki. Hal ini tentu akan memudahkan kamu dalam melakukan analisa-analisa engagement antara kamu dengan audiens. Kamu bisa lebih dengan mudah juga menemukan strategi yang perlu kamu lakukan dan jalankan.
Baca Juga: Marketing Funnel: Pengertian dan Implementasinya Bagi Bisnis
Semakin banyak kamu berinteraksi dengan audiens, merespon keluhan audiens, menanggapi pertanyaan audiens, maka peluang kamu untuk bisa menjangkau audiens semakin besar. Kamu akan mudah untuk mendapatkan kesan positif dari audiens.
Manfaat Social Media Monitoring
Berbicara mengenai social media monitoring, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan, lho. Kira-kira apa aja, ya? Simak artikel di bawah ini, yuk;
1. Brand Sentiment Analysis
Dengan adanya social media monitoring, kamu bisa melakukan pengolahan kata untuk melacak mood audiens terhadap suatu brand, produk, atau jasa yang kamu tawarkan. Dengan demikian, kamu akan tahu mengenai gambaran respon dari audiens. Baik itu positif maupun negatif, sehingga kamu bisa melakukan evaluasi untuk lebih baik kedepannya.
2. Competitor Analysis
Competitor Analysis Ini adalah sebuah teknik untuk menganalisa kompetitor lain. Kamu bisa menggali lebih banyak informasi untuk mengidentifikasi peluang dan juga ancaman yang mungkin saja bisa terjadi.
3. Customer Insight
Seperti yang kita ketahui, jika social media monitoring ini adalah sebuah monitoring mengenai pembicaraan publik. Melalui customer Insight ini kamu akan dapat mempelajari dan memahami apa yang menjadi kebutuhan audiens. Sebab, social media monitoring ini akan membuat kamu terlibat dalam percakapan dengan audiens.
Baca Juga: Public Relations 101: Tokoh PR yang Paling Berjasa
4. Share Of Voice dan Buzz Social
Share Of Voice dan Buzz Social ini bisa menunjukan ranking kamu dalam suatu market, lho. Dengan mengetahui ranking, kamu bisa mengetahui kekurangan apa yang perlu diperbaiki dalam meningkatkan strategi pemasaran untuk tercapainya tujuan bisnis. Share Of Voice dan Buzz diukur berdasarkan dari perbincangan yang terjadi pada kanal platform.
Demikian pengertian dan manfaat dari social media monitoring. Semoga membantu, ya.