Tips Menyusun Campaign di Social Media

Tips menyusun campaign di social media ini pasti memiliki banyak versi. Semuanya berdasarkan pengalaman masing-masing dalam menyusun campaign di setiap perusahaannya. Kali ini saya ingin membedah tips yang diberikan oleh Ryan Nira, seorang Content Marketing di Flip dan Schoters.

Apa Itu Campaign?

Tips Menyusun Campaign di Social Media
Image by Freepik

Campaign menurut Ryan Nira adalah usaha untuk memperkenalkan satu buah produk atau layanan dengan satu pesan yang jelas dan rangkaian konten atau aktivitas yang terstruktur di berbagai kanal.

Mengapa campaign menjadi satu hal yang penting dan harus ada dalam perusahaan? Campaign akan berpengaruh pada eksistensi sebuah brand, dan akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan penjualan. Menyusun sebuah campaign tentu tidak mudah, dibutuhkan banyak kepala untuk merumuskan ide-ide yang akan membuat audiens tertarik dengan campaign yang dibuat.

Beberapa contoh campaign yang berhasil dan menghasilkan impresi yang sangat besar:

  1. Gojek – Pasti Ada Jalan
  2. Flip – Flip Game
  3. Flip – Flip Sehidup Semati

Campaign ini dapat kamu jalankan di berbagai kanal atau hanya fokus di satu kanal saja. Misal kamu hanya ingin membuat campaign untuk instagram saja, atau hanya untuk twitter saja. Yang paling penting selalu sesuaikan isi dari campaign tersebut dengan target audiens di berbagai kanal.

Tips Menyusun Campaign di Social Media

Tips Menyusun Campaign di Social Media
Image by upklyak on Freepik

1. Objective

Objektif campaign terbagi menjadi tiga, yaitu awareness, consideration, dan conversion. Campaign yang bertujuan awareness memiliki metriks pengukuran reach dan impression. Sedangkan untuk consideration memiliki metriks traffic, leads, engagement, dan DM. Consideration ini tahap ketika audiens mulai mempertimbangkan untuk membeli produk atau menggunakan layanan tersebut. Selanjutnya adalah conversion dengan metriks tingkat sales dan transaksi.

Tapi tidak menutup kemungkinan ketika kamu melakukan campaign awareness, tetapi justru kamu mendapatkan sales dari campaign tersebut. Pada akhirnya memang uang dan keuntungan yang dicari.

2. Mempelajari Insight

– Audience Insight

– Brand Insight

– Competitor Insight

3. Menentukan Key Message

Key Message penting untuk menentukan pesan apa yang sebenarnya brand ingin sampaikan. Tentukan key message yang mudah dipahami audiens. Seperti contohnya Flip Sehidup Semati yang ingin memberikan makna kepada para pengguna flip dengan membantu mereka menikah di bulan cinta.

4. Trend Research

Membuat campaign bisa berdasarkan pada trend yang sedang terjadi pada waktu tertentu. Tapi, harus selalu diingat bahwa tidak semua trend dapat kita tunggangi. Kadang ada beberapa trend yang hanya bertahan sebentar saja, ada pula yang sampai berbulan-bulan.

Maka penting sekali untuk melakukan riset terhadap tren yang sedang terjadi di social media. Kumpulkan sebanyak mungkin lalu nanti pilih yang sekiranya cocok untuk kamu jadikan campaign. Contohnya seperti Flip Game yang memanfaatkan momentum drama Squid Game yang sedang happening selama beberapa bulan.

5. Menuliskan Bebagai Ide Campaign

Setelah melakukan trend research, tuliskan berbagai ide campaign dengan tim. Jangan percaya dengan ide pertama, lakukan brain storming dengan saling mengkritik pada setiap ide yang dilontarkan. Dengan begitu, akan muncul satu kesepakatan yang melahirkan ide campaign yang menarik.

6. Menuliskan Berbagai Ide Konten

Setelah menentukan ide campaign, kamu perlu membuat ide konten yang akan menjadi daily content di kanal yang kamu pilih. Penurunan ini cukup memakan waktu karena akan kamu akan menyusun ide konten selama satu sampai dua bulan ke depan. Campaign yang baik biasanya memiliki rentang waktu antara 1 – 2 bulan.

7. Membuat Budget Plan

Siapa bilang membuat campaign tidak membutuhkan budget? Semua pasti butuh modal untuk membuat campaign tersebut berhasil dan sampai kepada target audiens. Buatlah komponen-komponen dalam budget plan untuk kamu presentasikan ke pihak manager. Rancanglah budget yang memang masuk akal dan sesuai dengan hasil yang ingin dicapai.

8. Selamat!

Rencana campaignmu hampir selesai! Langkah selanjutnya adalah eksekusi bersama tim.

Atau mungkin kamu tidak suka menghadapi keribetan menyusun campaign? Serahkan saja pada kami dalam mengelola media sosial brand kamu!

Hubungi Kami Sekarang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top