Mengenal Brand24: Tools untuk Monitoring Media

Bagi anak media sosial, memantau atau mengontrol apa yang sedang dibicarakan oleh netizen menjadi hal yang sangat penting. Media monitoring sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis. Nah salah satu tools monitoring media atau untuk memantau apa yang dibicarakan oleh netizen adalah Brand24.

Apa itu Brand24?

Brand24 adalah suatu alat untuk memantau apa yang sedang diperbincangkan oleh orang lain yang berkaitan dengan brand atau kata kunci tertentu. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal negatif terjadi. Aplikasi Brand24 pun akan menunjukkan berbagai sentimen, apakah penyebutan tersebut termasuk ke dalam sentimen negatif, positif, ataupun netral.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memperlihatkan media dan akun mana saja yang berbicara. Tampilan dari brand24 pun sangat mudah dan enak dilihat. Bentuk laporan yang sangat mudah dibaca menjadi salah satu alasan kenapa kamu harus mencoba brand24.

Brand24 menawarkan pemantauan dan analitik media sosial secara real-time. Alat ini dirancang untuk melacak percakapan online tentang merek, produk, dan pesaing kamu. Mengumpulkan data dari berbagai sumber, yaitu:

  • Platform media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, TikTok, Youtube, Telegram),
  • Podcast,
  • Situs berita online,
  • Blog,
  • Forum,
  • Situs ulasan.

Fitur dasbor mencakup analitik komprehensif, wawasan pelanggan yang dapat ditindaklanjuti, peringatan email, analisis influencer, laporan PDF otomatis, infografis, analisis sentimen, dan banyak lagi!

Dengan Brand24, kamu dapat menemukan influencer, meningkatkan brand awareness, meningkatkan dukungan pelanggan, mengukur hasil pemasaran, melakukan riset kompetitor, dan melakukan penjualan sosial.

Bagaimana Brand24 Bekerja?

Discussion Volume Chart

tools monitoring media
Brand24

Sebelum kamu memasuki dasbor dengan tampilan di atas, kamu harus memasukkan kata kunci yang ingin kamu pantau dan analisis. Misalnya kamu ingin memantau yang berkaitan dengan brand skincare, masukkanlah kata kunci seperti “skincare”, “serum”, atau “brightening serum”.

Kamu akan mendapatkan discussion volume chart yang menunjukkan grafik pembicaraan netizen di berbagai media. Kamu dapat melihat jumlah penyebutan atau mentions, serta jangkauan media sosial dan non media sosial. Nanti akan terlihat lonjakan pembicaraan terkait kata kunci yang kamu pasang dan kamu dapat mengetahui penyebabnya.

Analisis Sentimen

tools monitoring media
Brand24

Dalam fitur ini akan muncul sentimen positif dan negatif. Kamu akan mengetahui berbagai komentar negatif yang berkaitan dengan brand atau kata kunci yang sudah kamu set.

Filter

tools monitoring media
Brand24

Secara default, discussion volume chart akan menyertakan data dari semua sumber di seluruh web. Namun, kamu dapat menggunakan Filter untuk memperbesar penyebutan hanya dari sumber media tertentu. Misalnya, jika kamu hanya ingin melihat data mention di Twitter, centang saja kotak Twitter. Selain memfilter berdasarkan sumber, kamu juga dapat memfilter data berdasarkan sentimen, skor influencer, kepentingan, dll.

Mentions

Brand24

Gambar di atas merupakan salah satu contoh penyebutan atau mentions yang berkaitan dengan kata kunci.

Analisis Mentions

Brand24

Selanjutnya adalah fitur analisis mentions. Kamu dapat mengetahui mentions yang paling populer serta berapa jumlah jangkauannya. Ada juga metriks lain yang bisa kamu analisis dan menjadi dasar dalam mengambil keputusan ke depannya.

Mendeteksi Influencer

Brand24

Kamu juga bisa menggunakan Brand24 untuk mencari dan menentukan influencers yang dapat kamu aja kerjasama serta memberikan pengaruh yang cukup tinggi bagi bisnis. Selain media, alat ini bisa menentukan influencers secara perorangan. Akun mana yang sering membicarakan terkait kata kunci.

Alerts

Kamu dapat mengatur “peringatan” atau pemberitahuan pada brand24 untuk menerima email atau notifikasi dalam aplikasi secara otomatis saat ada mentions terbaru. Misalnya, jika kamu menerima penyebutan negatif di situs dengan lebih dari 100.000 penyebutan/bulan.

Pelaporan

Brand24

Yang terakhir adalah reporting atau pelaporan. Di bagian Laporan, kamu dapat dengan cepat dan mudah membuat laporan yang mudah dipahami serta menampilkan semua data penyebutan, lalu mengirimkannya ke klien.
Untuk memulai, navigasikan ke PDF, lalu pilih periode pelaporan dan pilih poin data mana yang ingin disertakan. Setelah itu, klik Generate Report untuk mengunduh PDF.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top