Email Marketing di Tahun 2023: Apakah Masih Relevan?

Email marketing telah menjadi strategi digital marketing yang populer selama bertahun-tahun dan terus menjadi cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan di tahun 2023. Terlepas dari maraknya media sosial dan bentuk digital marketing lainnya, strategi satu ini tetap banyak digunakan oleh perusahaan dan bisnis.

Jenis-jenis Email Marketing

Email Marketing
Image by storyset on Freepik

Seperti namanya, email marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan email untuk mengirimkan pesan iklan, promosi, atau konten yang relevan kepada pelanggan dan prospek bisnis. Selain bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan, strategi ini juga menjadi sarana untuk membangun maupun menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Ada beberapa jenis email marketing populer yang sering digunakan oleh perusahaan dan bisnis, seperti:

1. Newsletter

Newsletter adalah jenis email yang dikirim secara berkala kepada subscriber atau pelanggan untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk atau layanan jasa, tips, serta artikel yang relevan dengan niche bisnis.

2. Penawaran Khusus

Penawaran khusus atau exclusive offer biasanya berisi tawaran promo besar-besaran yang hanya tersedia dalam waktu tertentu saja. Nah, jenis email marketing ini merupakan cara terbaik untuk membuat audiens tertarik dengan produk/jasa yang kita tawarkan.

3. Welcome Email

Welcome email biasanya berisi pesan yang dikirim setelah pelanggan baru mendaftar untuk suatu email list. Email ini biasanya berisi pesan selamat datang, informasi tentang produk atau layanan, serta tawaran khusus bagi pelanggan baru.

4. Undangan Event

Seperti namanya, jenis email marketing satu ini bertujuan untuk mengundang pelanggan agar menghadiri acara atau promosi tertentu. Agar lebih menarik, biasanya perusahaan dan bisnis juga menyelipkan exclusive offer dalam undangan tersebut.

5. Re-engagement Email

Re-engagement email adalah jenis email yang dikirim kepada pelanggan yang sudah tidak aktif selama beberapa waktu. Email ini bertujuan untuk membangkitkan kembali minat pelanggan dan mendorong mereka untuk terlibat kembali dengan brand.

Mengapa Email Marketing Masih Relevan di Tahun 2023?

Email Marketing
Image by rawpixel.com on Freepik

Kepopuleran media sosial sebagai sarana digital marketing menimbulkan pertanyaan apakah email marketing masih relevan dan efektif untuk meningkatkan penjualan di pasar saat ini, apalagi dengan munculnya berbagai fitur baru di berbagai platform media sosial.

Riset menunjukkan bahwa ternyata email masih menjadi kanal terbaik bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan luas. Pada tahun 2021, dilaporkan bahwa ada sekitar 309,6 miliar email yang dikirim dan diterima setiap hari. Jumlah tersebut menunjukkan betapa besarnya pengguna email yang terus meningkat setiap tahunnya.

Selain dari segi jumlah pengguna, ada beberapa alasan lain yang menjelaskan mengapa strategi email marketing masih relevan di tahun 2023:

Menarik Audiens yang Tepat

Targeted Audience
Image by pch.vector on Freepik

Pemasaran menggunakan email lebih memungkinkan kita untuk menjangkau target audiens atau pelanggan yang tepat. Dengan kata lain, mereka memang telah menunjukkan minat pada bisnis atau layanan kita dengan mendaftarkan alamat email mereka agar dapat menerima email dan informasi lainnya. 

Hal ini tentunya sangat efektif karena kita dapat menyesuaikan konten dan jenis pesan yang memang sesuai dengan audiens atau pelanggan tersebut.

Personalisasi dan Kontrol yang Lebih Mudah

Keunggulan pemasaran melalui email adalah kita dapat mempersonalisasi pesan dan iklan untuk menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi pelanggan. Misalnya dengan mencantumkan nama pelanggan atau dengan membuat subjek email yang eye-catching.

Dibandingkan dengan pemasaran lewat media sosial, email marketing lebih memberikan kita kendali penuh atas perpesanan, brand, dan konten yang ingin dibagikan. Kita pun tidak perlu khawatir tentang algoritma atau perubahan kebijakan platform yang dapat memengaruhi jangkauan atau visibilitas.

Cost-Effective

Cost Effective
Image by pch.vector on Freepik

Dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya, email marketing ternyata lebih hemat biaya. Tidak hanya itu, strategi ini juga tergolong cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bisnis yang sedang merintis atau berskala kecil tentunya akan sangat terbantu dengan strategi ini.

Dapat Meningkatkan Traffic

Forbes menyebutkan bahwa email marketing dapat menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan saluran pemasaran lain, seperti media sosial atau website. Strategi ini dapat mengarahkan subscriber/pelanggan untuk mengklik CTA (Call-to-Action) yang ada di dalam email.

Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah berkunjung ke halaman website atau media sosial kita. Semakin menarik CTA yang kita buat, maka akan semakin tinggi juga traffic yang dihasilkan.

Hasilnya Bisa Terukur

Email Marketing
Image by redgreystock on Freepik

Alasan terakhir mengapa email marketing masih relevan di tahun 2023 adalah karena hasilnya dapat terukur. Dengan memantau metrik seperti open rates, click-through rates, dan konversi, maka kita dapat mengoptimalkan kampanye dan meningkatkan ROI pemasaran dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 7 Ide Konten Menarik untuk Content Marketing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top