10 Skill yang Wajib Kamu Punya untuk Menjadi Seorang PR

Kamu bercita-cita menjadi seorang public relations? Atau bekerja di sebuah public relations agency? Tentunya kamu harus memiliki skill yang wajib dimiliki oleh seorang PR. Setidaknya kamu harus menguasai basic skill seorang PR agar menjadi PR profesional. 

Menjadi seorang PR tentu bukanlah hal yang mudah, tapi siapa saja bisa menjadi seorang PR jika mereka memang memiliki minat yang tinggi. Tugas utama seorang PR berkaitan dengan komunikasi kepada publik. Bagaimana PR dapat mempengaruhi publik terkait cara berpikir dan cara pandang mereka terhadap suatu produk, perusahaan, atau lembaga pemerintahan. Komunikasi menjadi kunci utama untuk menjadi PR profesional yang sukses. 

Skill apa saja sih yang wajib dimiliki oleh seorang PR? Simak artikel ini sampai habis ya!

Skill Seorang PR

1. Menulis 

skill seorang PR
Image by Freepik

Public relations berkaitan erat dengan menulis rilis atau press release yang dibutuhkan saat terjadi krisis atau ingin menarik perhatian publik. Menulis adalah skill wajib seorang PR. Tidak hanya sekadar menulis artikel biasa, tetapi PR harus memperhatikan berbagai kaidah penulisan seperti SEO, kaidah penulisan berita, keyword yang dituju, dan hal lain yang wajib diperhatikan. 

2. Negosiasi 

Jika kamu bekerja di PR agency, kamu pasti akan bertemu dengan klien untuk membicarakan atau menawarkan project kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Nah, di sini dibutuhkan skill negosiasi agar penawaran atas project yang kamu tawarkan mencapai kesepakatan. Selain itu, kamu membutuhkan skill persuasi atau meyakinkan klien untuk memilih agency yang kamu tawarkan. Negosiasi dan persuasi, kedua skill ini tidak bisa dipisahkan. 

Baca Juga : 6 Peran Public Relations Dalam Marketing

3. Creative Thinking 

skill seorang PR
Image by rawpixel.com on Freepik

Public relations berkaitan erat dengan marketing sebuah brand atau perusahaan. Untuk memasarkan suatu produk atau jasa dibutuhkan kreatifitas untuk menyusun sebuah konten yang menarik perhatian publik. Selain itu, ketika perusahaan membutuhkan strategi viral marketing untuk meningkatkan brand awareness atau bahkan meningkatkan sales, maka dibutuhkan ide PR stunt yang kreatif. Seperti yang dilakukan McD dan Burger King beberapa saat yang lalu. 

4. Public Speaking

Tugas utama seorang PR berkaitan dengan komunikasi, oleh sebab itu skill public speaking sangat dibutuhkan. Bagaimana kamu mempresentasikan hasil dari program yang telah kamu jalankan. Atau ketika kamu harus melakukan press conference di hadapan banyak orang untuk membuat statement klarifikasi. Bagaimana kamu dapat mengontrol ketegangan dan menyusun kalimat dengan baik. 

5. Media Sosial 

skill seorang PR

Zaman sekarang PR dapat melakukan publikasi melalui media sosial. Sehingga menguasai media sosial adalah hal wajib bagi seorang PR. Kamu harus mengerti bagaimana membuat konten komunikasi yang sesuai dengan berbagai platform media sosial. Selain itu kamu pun harus mengerti cara komunikasi yang tepat berdasarkan pada target audience. 

Baca Juga: Jasa Kampanye Online Politik Bagi Caleg dan Pemilu 2024

6. Manajemen Krisis 

PR akan menjadi wajah utama ketika krisis terjadi. Kemampuan untuk mengendalikan krisis wajib dimiliki oleh PR. Jangan sampai saat krisis terjadi, PR malah memperburuk keadaan karena kemampuan untuk handling crisisnya sangat buruk. 

Seperti yang dilakukan oleh Alfamart beberapa saat lalu. Krisis yang menimpa karyawan alfamart saat karyawan tersebut mencoba untuk menegur ibu-ibu yang membawa makanan tetapi tidak membayarnya. Saat itu, konsumen ibu tersebut sampai membawa pengacara dan akan melanjutkan perkara tersebut ke ranah hukum. 

Akhirnya pihak PR alfamart buka suara terkait krisis yang terjadi dan membela karyawannya karena karyawan tersebut melakukan tanggung jawabnya dengan baik. Lalu akan mengikuti jalur hukum sesuai dengan keinginan konsumennya. Publik melihat bahwa apa yang dilakukan alfamart sudah benar. Faktanya, di kasus ini yang bersalah adalah si ibu yang mencuri barang. 

7. Research 

Riset, riset, riset! PR profesional wajib melakukan riset sebelum mengambil tindakan yang berkaitan dengan perusahaan atau lembaga pemerintah. Apalagi ketika kamu berkaitan erat dengan klien, semua plan dan grand design yang kamu rancang harus berdasarkan riset yang telah kamu lakukan. 

8. Networking 

Memperluas relasi seharusnya sudah menjadi basic skill yang dimiliki seorang PR. Kemampuan komunikasi yang baik pasti akan memperluas relasi untuk mendapatkan klien atau customer. 

9. Customer Oriented 

skill seorang PR
Image by Freepik

Customer atau client oriented merupakan salah satu skill yang dibutuhkan seorang PR. Bagaimana mereka dapat melayani konsumen atau klien dengan baik, sehingga relasi dengan klien masih terjalin baik. Pada akhirnya bisa membuat klien untuk repeat order menggunakan jasa yang kita tawarkan.

10. Media Management

Media management meliputi berbagai media untuk penyebaran rilis yang dibutuhkan. Kamu harus melakukan media briefing untuk mendapatkan pers rilis yang sesuai dengan keinginan. Sehingga dapat menggiring opini publik terhadap perusahaan atau lembaga pemerintah. 

Apakah kamu sudah memiliki semua skill tersebut? Kamu dapat melatih diri sendiri dengan mengikuti beberapa training. Kamu juga dapat meminta training pelatihan khusus PR yang berkaitan dengan media sosial ke G-Communications, sebagai salah satu PR agency terbaik di Indonesia. 

Segera konsultasikan masalahmu kepada kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top