Jasa Media Monitoring Depok

Overview

jasa media monitoring
Image by macrovector on Freepik

Media monitoring merupakan sebuah proses memantau, mengidentifikasi, dan melihat berbagai media yang menyebutkan atau memberikan informasi terkait topik tertentu. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis yang cukup besar, banyak orang-orang dan media yang membicarakan terkait produk Anda. Anda ingin mengetahui apa yang orang dan media bicarakan untuk membuat strategi pemasaran di kuartal selanjutnya. Hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan media monitoring secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang sedang konsumen bicarakan. 

Era digital membuat semua orang mudah dalam melakukan review ataupun mengkritik apapun dengan bebas. Beberapa bahkan menimbulkan krisis sehingga perlu penanganan lebih lanjut. Media monitoring perlu Anda lakukan selama 24 jam untuk memastikan bahwa setiap informasi yang ada tidak terlewat untuk Anda analisis dan identifikasi. 

Dalam bisnis, data yang terkumpul melalui media monitoring dapat memberikan informasi penting terkait persepsi publik tentang merek, perusahaan, PR dan kampanye pemasaran, produk, layanan, ataupun pesaing Anda.

Dengan bantuan media monitoring, Anda dapat menangani berbagai bidang bisnis, termasuk:

  • Pemantauan merek
  • Manajemen reputasi online
  • Customer support
  • Customer review or feedback
  • Manajemen krisis
  • Hubungan masyarakat, termasuk meningkatkan liputan media dan hubungan media
  • Market research
  • Analisis kampanye PR dan pemasaran
  • Analisis hashtag
  • Competitor Research

Mengapa Menggunakan Jasa Media Monitoring? 

jasa media monitoring
Image by Freepik

1. Memahami Target Audience Anda

Anda akan mendapatkan berbagai informasi terkait apa yang target audiens pikirkan mengenai brand Anda. Apa tanggapan para konsumen berkaitan dengan campaign marketing yang perusahaan lakukan. Apa saja yang tidak mereka pedulikan dan apa yang mereka kritik atas produk baru yang baru saja dikeluarkan.  

2. Reputasi dan Persepsi Brand

Media monitoring membantu Anda dalam mengidentifikasi krisis yang akan terjadi. Sehingga hal tersebut dapat menjaga reputasi dan persepsi brand. Ketika Anda tahu apa yang orang katakan tentang Anda, Anda dapat merespons dengan bijaksana, sehingga meningkatkan transparansi, keaslian, dan hubungan positif Anda. Hasilnya: Reputasi yang lebih baik.

3. Mencegah Krisis 

Tidak ada perusahaan yang dapat menghindar dari krisis. Semuanya pasti pernah mengalami dan menghadapi krisis yang mempertaruhkan reputasi brand. Dengan memantau media Anda dapat memetakan isu dan krisis yang akan dihadapi. Merencanakan strategi lebih awal sehingga Anda dan tim sudah siap dalam menghadapi krisis tersebut. 

4. Evaluasi Kinerja Perusahaan

Sebab, Anda sudah mengetahui bagaimana publik dan konsumen berbicara terkait produk dan brand Anda. Maka, Anda dapat melakukan evaluasi atas kinerja yang sudah dilakukan selama ini. Media monitoring memberitahu Anda jika upaya Anda membuahkan hasil. Hanya dengan melacak berbagai liputan dan media, Anda akan tahu jika perusahaan Anda berhasil mendapatkan sales. Hanya dengan memantau media, Anda akan tahu apakah Anda berhasil atau tidak.

Mengapa G-Communications?

jasa media monitoring

1. Jasa PR Profesional 

Kami telah berkecimpung di dunia public relations selama lebih dari 10 tahun. Banyak klien merasa puas dengan kinerja yang sudah kami berikan. Tim yang profesional dan berpengalaman akan memberikan hasil yang terbaik bagi setiap calon klien yang akan menggunakan jasa kami. 

2. Media Monitoring 24/7 

Media monitoring dilakukan melalui televisi, media cetak, dan media online selama 24 jam nonstop. Dengan melakukan pantauan media, Anda dapat mengetahui bagaimana persepsi publik dan citra Anda di masyarakat.

3. Hemat Biaya dan Waktu 

Dengan menggunakan jasa media monitoring, Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Serahkan semuanya kepada kami terkait strategi, citra brand, reputasi brand, dan manajemen krisis. 

4. Issue Mapping

Memetakan isu-isu dari yang ringan hingga yang paling krusial. Membantu Anda menyelesaikan isu yang dapat merusak citra merek. 

5. In-depth Research 

Melakukan riset lebih mendalam terkait isu yang terjadi pada brand di berbagai media. Membantu Anda dalam merespons isu dengan cepat dan tepat. 

Our consulting services focus on your most critical issues and help you identify opportunities across wide range of industries and geographies.

Siapa yang Harus Menggunakan Jasa Media Monitoring?

Startup

Bagi orang yang sedang membangun dan mengembangkan startup, publikasi menjadi hal yang sangat penting. Orang-orang harus mengetahui produk atau jasa apa yang sedang ditawarkan oleh perusahaan. Banyak hal yang harus diperbaiki agar sesuai dengan kebutuhan atau pain points dari target audiens. Jasa media monitoring akan memberikan data-data terkait apa saja yang sedang marak dan apa yang tidak mereka ketahui tentang produk. 

Bisnis Skala Besar

Bisnis yang sudah mencapai skala global pasti akan sangat membutuhkan jasa media monitoring. Kemungkinan untuk mendapatkan eksposur dari berbagai media sangat besar. Hal itu akan menyebabkan datangnya krisis pun semakin besar. Sehingga media monitoring menjadi satu-satunya opsi untuk meredam krisis. Sama dengan startup, bisnis skala besar pun perlu melihat bagaimana reaksi publik terhadap produk dan jasa yang perusahaan tawarkan. 

Lembaga Pemerintah

Krisis yang terjadi di pemerintah pasti akan datang setiap harinya. Ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan baru pasti ada sebagian dari masyarakat yang kurang setuju dan menyampaikan kritiknya. Maka dari itu, pemerintah harus melakukan media monitoring. Apakah selama ini masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang sudah pemerintah berikan. Ataupun terkait isu yang terjadi, bagaimana pemerintah dapat merespons hal tersebut. 

All About Media Monitoring You Need to Know

Siapa saja yang harus Anda Monitoring? 

1. Your Brand 

Sudah jelas bahwa brand Anda yang perlu dimonitoring, dipantau, diperhatikan agar Anda mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan brand. 

2. Your Competitor 

Selain brand sendiri, yang harus Anda monitor adalah kompetitor. Agar Anda mendapatkan berbagai hal yang belum perusahaan terapkan. Bagaimana kompetitor menangani krisis dan berhasil mengembalikan citra baik merek. 

3. Your Industry 

Membangun bisnis yang sukses, Anda harus mengetahui industri bisnis itu sendiri. Apa yang sedang tren, inovasi apa yang dilakukan di industri tersebut, berbagai macam perubahan yang cukup dinamis. Sehingga produk Anda tidak ketinggalan zaman. 

Baca lebih lanjut mengenai media monitoring Media Monitoring: Pengertian dan Manfaat Bagi Bisnis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top