Public relations memiliki cakupan yang cukup luas. Salah satunya adalah media relations, hubungan dengan media untuk menyebarkan informasi lebih luas melalui berbagai media. Hal ini berguna bagi perusahaan, lembaga pemerintah, dan yayasan untuk menyebarkan berita terkait kegiatan perusahaan ataupun berbagai macam rilis.
Jika kamu seorang praktisi PR, pemilik perusahaan, seorang manajer, maka artikel ini cocok untuk kamu. Yuk simak artikel ini sampai habis!
Pengertian Media Relations
Media relations mengacu pada hubungan yang saling menguntungkan antara jurnalis dan profesional hubungan masyarakat. Salah satu manfaat terbesar bagi jurnalis adalah akses mudah ke ide dan sumber berita. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, wartawan menghabiskan banyak waktu dan upaya mengumpulkan informasi untuk menulis sebuah berita.
Bekerja dengan profesional PR mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari sumber dan informasi lain untuk memvalidasi konten artikel. Praktisi PR mendapat manfaat dari hubungan media karena menjamin publisitas dan promosi gratis untuk klien. Dengan menggunakan media sebagai alat promosi, mereka mampu menjangkau khalayak yang besar tanpa biaya tinggi.
Sebelum melakukan media relations, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebagai berikut.
1. Siapa yang sedang kamu jangkau?
Langkah pertama kamu harus menentukan audiens. Target audiens seperti apa yang ingin kamu jangkau dengan media. Apakah audiens yang berada di daerah tertentu, dengan rentang usia yang spesifik. Hal tersebut tetap harus kamu perhatikan. Ketika kamu dapat memetakan target audiens mu, hal tersebut akan berpengaruh pada pilihan media yang tepat serta cara berkomunikasi yang sesuai dengan audiens.
2. Dimana kamu akan menjangkau audiens?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu memetakan tempat dan daerah-daerah untuk menjangkau audiens. Karena pilihan media pun beragam, ada media lokal, nasional, dan internasional. Semakin tinggi maka cakupannya pun semakin luas. Jika kamu merupakan tim humas lembaga daerah maka untuk menyebarkan berita, paling tepat di media lokal.
3. Orang mana yang paling berpengaruh terhadap pelanggan Anda?
Selanjutnya, kamu harus menentukan seorang influencers yang dapat membentuk pandangan dan arah berpikir masyarakat. Dengan kata lain, orang tersebut dapat mempengaruhi dan memiliki pengaruh yang besar. Pemilihan influencers ini tidak dapat sembarangan, tentu harus sesuai dengan value dan tema apa yang sedang kamu angkat.
Manfaat Media Relations
1. Membangun Kepercayaan
Pelanggan baru lebih gampang percaya kepada orang-orang yang memiliki pengaruh, seperti influencer hingga jurnalis, daripada hanya dari merek saja. Sebuah perusahaan dapat memberi tahu klien bahwa produk tersebut bagus dan sebagainya, tetapi pesan itu tidak akan sampai kepada target audiens sampai tokoh lain yang kredibel mengonfirmasinya.
Media relations yang benar dapat membantu bisnis untuk membuktikan bahwa produk mereka digunakan oleh orang-orang terkenal dan terpercaya oleh audiens mereka. Cerita yang diterbitkan melalui platform terkemuka memberikan dorongan instan dalam kredibilitas.
2. Jangkauan Brand
Hal pertama yang dilakukan para marketer adalah bagaimana target audiens mengetahui brand serta nilai yang ada di dalamnya. Melalui media relations jangkauan brand pasti akan semakin luas. Memasang iklan, menerbitkan rilis dan berita menjadi salah satu cara bagaimana media relations bekerja.
3. Authority
Salah satu manfaat terbesar dari media relations adalah dapat membantu brand menjadi memiliki otoritas. Sebagian besar media memiliki pedoman yang sangat ketat tentang apa yang akan mereka beritakan. Pelanggan tahu bahwa cerita yang mereka baca di situs seperti Kompas dan CNN Indonesia biasanya memiliki proses editing yang cukup panjang.
Audiens juga tahu bahwa bentuk berita yang disebarkan melalui media tersebut biasanya juga kredibel, seperti pesan dari influencer atau blogger terkemuka. Karena itu, berita yang muncul di situs berkualitas tinggi dan otoritas tinggi juga meningkatkan otoritas brand.
4. Potensi SEO
Muncul di tampilan teraras google dengan kata kunci tertentu, tentu menjadi incaran setiap brand. Salah satu caranya adalah mendapatkan backlink dari website atau media terkenal agar web kamu semakin terpercaya dan dianggap unik oleh google.
Media Relations dan PR
Bentuk – bentuk media relations dalam public relations:
1. Media Release
Isi dari rilis biasanya terkait pencapaian perusahaan yang membanggakan sehingga membuat orang-orang tertarik untuk membacanya.
2. Konferensi Pers
Konferensi pers dilakukan pada saat perusahaan melakukan launching produk, atau ketika ingin menyampaikan klarifikasi saat terjadi krisis.
3. Kunjungan Pers
Kunjungan pers ini berarti kamu harus mengundang media untuk hadir di acaramu dengan harapan mereka akan menuliskan berita tentang perusahaan dan kegiatan yang sedang berlangsung.