5 Peran Media Sosial Bagi Perusahaan

Peran Media Sosial untuk Perusahaan
Image by pikisuperstar on Freepik

Di era yang serba digital ini, media sosial telah menjadi suatu kebutuhan kebutuhan bagi setiap perusahaan maupun bisnis. Secara umum, media sosial berperan sebagai wadah bagi perusahaan atau bisnis untuk pengenalan produk atau brand awareness. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa peran penting lain media sosial bagi perusahaan.

Peran Media Sosial 

1. Media Sosial sebagai Manajemen Reputasi

Media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam hal manajemen reputasi. Dengan kata lain, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk membangun citra perusahaan yang baik.

Bagi perusahaan yang bergerak dalam layanan jasa atau produk, media sosial dapat menjadi tempat di mana para konsumen bisa memberikan ulasan, baik ulasan yang baik maupun saran atau kritik. Ketika ada calon konsumen baru yang membaca ulasan tersebut, maka mereka bisa tertarik untuk membeli atau menggunakan produk perusahaan.

2. Sarana Public Relations (PR)

Kecepatan penyebaran informasi lewat media sosial menunjukkan bagaimana media sosial adalah “kendaraan” yang tepat untuk menyebarkan informasi dan pesan. Perusahaan bisa menggunakan media sosial seperti LinkedIn, Facebook atau Instagram untuk menyebarkan pesan terkait perusahaan atau produk atau infromasi terkait event yang dilakukan perusahaan.

Audiens dapat dengan cepat menerima informasi/pesan yang diberikan oleh perusahaan. Bahkan, mereka juga dapat turut menyebarkan kembali informasi tersebut kepada pengguna.

3. Meningkatkan Traffic

Umumnya, setiap perusahaan pasti memiliki halaman website. Perusahaan dapat mengajak audiens untuk mengunjungi halaman web dengan mencantumkan link di berbagai konten media sosial. Maka dari itu, konten media sosial harus dapat menarik perhatian agar semakin banyak orang juga yang mengunjungi web.

4. Media Sosial Membangun Komunitas

Pernahkah kamu melihat ada banyak akun Twitter berbagai brand yang berinteraksi dengan para pelanggannya? Salah satu keunggulan menggunakan media sosial adalah perusahaan dapat terhubung dengan pelanggan dan melihat respon mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Ketika perusahaan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan di media sosial, maka perusahaan dapat membangun komunitas. Seperti yang dilansir dari digitalmarketinginstitute.com, komunitas merupakan unit sosial di mana para anggotanya memiliki kesamaan minat, tujuan, dan mutual feeling. Maka dari itu, komunitas tidak hanya dapat dilihat sebagai followers saja.

5. Sarana Rekrutmen

Peran media sosial terakhir bagi perusahaan yang tidak kalah penting adalah sebagai sarana dalam proses rekrutmen. Media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Instagram dan Twitter sangat efektif sebagai tempat untuk mempromosikan rekrutmen.

Tidak hanya itu, mempromosikan atau mengunggah konten mengenai rekrutmen perusahaan di media sosial ternyata dapat lebih menarik dibandingkan di kanal lain. Hal tersebut dikarenakan calon karyawan dapat melihat langsung kegiatan perusahaan atau produk dan jasa yang ditawarkan melalui media sosial.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top