Sara Enggar Listyani – Project Manager of G-Communications (Event Specialist)
Live streaming telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling populer dan efektif untuk menghubungkan penonton dengan konten secara langsung. Dengan berbagai platform seperti YouTube, Facebook, Instagram dan bahkan TikTok, maka semakin mudah bagi siapa saja untuk melakukan live streaming.
Meskipun teknologi membuat kegiatan ini semakin mudah, namun kita juga harus berhati-hati dalam melakukan siaran langsung. Diperlukan persiapan yang tepat, serta pemahaman tentang tujuan dan strategi yang efektif.
Simak artikel ini untuk mengetahui tips sukses live streaming!
Apa Tujuan Live Streaming?
Secara umum, live streaming dapat diartikan sebagai proses mengalirkan video dan audio secara langsung ke platform digital. Pasca pandemi COVID-19 di tahun 2020, kegiatan satu ini semakin marak dilakukan karena efektif dan mudah untuk diikuti.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan konten yang lebih interaktif dan up-to-date. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memungkinkan pemirsa untuk berpartisipasi dalam waktu nyata atau real-time, serta mendorong mereka untuk memberikan komentar, bertanya, dan berinteraksi dengan penyiar atau pembicara langsung.
Live streaming sangat cocok untuk berbagai acara baik besar maupun kecil seperti konferensi, seminar, pertunjukan musik atau olahraga, bahkan acara bincang-bincang casual. Kegiatan ini sangat membantu audiens yang tidak dapat hadir secara langsung di lokasi acara.
8 Tips Sukses Live Streaming
Untuk memastikan bahwa acara yang Anda selenggarakan sukses, maka ada beberapa tips sukses live streaming di bawah ini yang bisa Anda lakukan:
1. Persiapan yang Matang
Persiapan yang matang sangat penting untuk keberhasilan setiap kegiatan. Anda harus memilih lokasi acara yang tepat, mempersiapkan berbagai peralatan yang diperlukan, dan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik.
Menurut Glints, perencanaan live streaming itu harus disamakan dengan perencanaan kegiatan offline. Ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan, yaitu penonton atau audiens, konten, serta lokasi.
Untuk event besar seperti seminar atau pelatihan khusus, maka pastikan aset-aset digital acara sudah lengkap. Aset-aset tersebut seperti template acara agar bisa digunakan sebagai bacground, serta berbagai materi pembiacara yang akan ditayangkan saat acara.
2. Tentukan Jadwal Tetap
Mempunyai jadwal tetap sangat penting dalam live streaming karena hal ini akan membantu audiens mengatur jadwal mereka. Jika memang terjadi kendala yang mengharuskan penggantian hari/jadwal acara, maka Anda harus pastikan audiens sudah mendapatkan informasi tersebut.
3. Gunakan Layanan Live Streaming
Bagi perusahaan atau organisasi yang ingin melakukan live streaming untuk acara besar namun merasa belum berpengalaman dalam pengoperasiannya, maka dapat memanfaatkan jasa live streaming.
Menggunakan jasa seperti ini akan menghemat banyak tenaga. Tidak hanya itu, penggunaan jasa juga dapat memastikan bahwa acara dapat terselenggarakan dengan baik.
Salah satu perusahaan media yang menawarkan jasa live streaming adalah G-Communications. Kami akan memastikan bahwa event dapat terlaksana dengan baik dari mulai persiapan hingga pasca-event.
G-Communications juga sudah memiliki berbagai pengalaman dalam melaksanakan kegiatan untuk perusahaan swasta maupun pemerintahan. Untuk cari tahu lebih lanjut terkait jasa yang kami tawarkan, Anda dapat mengunjungi halaman ini!
4. Interaksi dengan Penonton
Tips selanjutnya adalah jangan lupa untuk berinteraksi dengan penonton. Pastika Anda membaca dan menjawab komentar atau pertanyaan dari penonton selama kegiatan berlangsung
Ucapkan apresiasi dan minta pendapat atau saran dari penonton juga merupakan cara yang bagus dalam berinteraksi. Hal ini nantinya akan membuat Anda semakin dengan dengan audiens.
5. Kualitas Audio dan Video yang Baik
Kualitas audio dan video merupakan kunci dari setiap kegiatan live streaming. Pastikan mikrofon dan kamera yang digunakan berkualitas tinggi agar dapat memberikan pengalaman baik untuk para penonton.
Sebelum kegiatan dimulai, Anda juga bisa melakukan tes suara dan kamera untuk memastikan kualitasnya sudah baik.
6. Promosikan Acara
Hal yang tidak boleh dilupakan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan adalah promosi. Gunakan media sosial, email, atau bahkan situs web Anda untuk mempromosikan kegiatan. Pastikan informasi yang sudah tertera di e-poster sudah jelas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat reminder beberapa hari sebelum acara dimulai.
Baca Juga: Viral Marketing untuk Bisnis
7. Kelola Media Placement
Salah satu tolak ukur keberhasilan event adalah impact yang muncul setelah event tersebut dilaksanakan. Tentu saja kita ingin kegiatan yang kita selenggarakan dapat menjadi bahan diskusi masyarakat banyak.
Oleh karena itu, media placement merupakan hal yang penting dalam penyelenggaraan kegiatan live streaming, khususnya untuk kegiatan besar yang melibatkan berbagai pakar.
Buat rilis kegiatan dan kirimkan rilis tersebut ke pihak media. Anda juga bisa membuat konten media sosial tentang kegiatan yang baru saja dilaksanakan.
8. Evaluasi dan Perbaikan
Tips terakhir adalah lakukan evaluasi setelah setiap kegiatan. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan mengirimkan survey kepada para penonton atau menanyakan langsung kepada mereka. Hasil evaluasi ini sangat penting untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.