Media Gathering Bukalapak: Peluang Bagi UMKM Melalui ESG

media gathering

Media gathering adalah suatu acara dalam mengundang media untuk memberitahukan beberapa informasi terkait perusahaan. Salah satu contohnya seperti yang telah Bukalapak selenggarakan. Pada tanggal 21 Oktober 2022, Bukalapak menyelenggarakan media gathering dengan mengundang beberapa media nasional untuk memberitahukan informasi terkait program dan pencapaian Bukalapak selama ini.

Dalam hal ini, Bukalapak memberikan informasi terkait program ESG yang membantu para UMKM mitra dalam meningkatkan penjualan. Acara ini dikemas dengan menarik, Bukalapak mengundang beberapa pembicara yang bekerjasama dengan mereka, seperti Plasticpay, WWF Indonesia, dan DBS Indonesia.

Bukalapak memiliki misi untuk menciptakan ekonomi berkeadilan untuk semua kalangan. Beberapa masalah yang ingin Bukalapak atasi adalah terkait teknologi, inklusi keuangan, dan insfrastuktur. Bukalapak menawarkan beberapa cara seperti mempermudah akses pinjaman dan beberapa layanan keuangan yang lain, menambah sumber pendapatan yang baru, menambah akses ke segmen konsumen yang baru, serta membuat proses bisnis yang lebih baik lagi.

Acara media gathering ini cenderung lebih asik dan intimate daripada press conference dan media briefing. Dalam rangkaian acaranya, Bukalapak, yang bekerjasama dengan event organizer G-Communications, mengadakan kuis melalui aplikasi quizziz untuk media yang hadir. Bagi wartawan yang berhasil mendapat peringkat pertama dan kedua akan mendapatkan hadiah yang berisi dari barang daur ulang. Hal ini menunjukkan bahwa Bukalapak sangat memperhatikan isu lingkungan terkait sampah plastik.

media gathering

Berikut beberapa program Bukalapak berkaitan dengan ESG Strategy.

Social

1. Mengubah Toko Tradisional Menjadi Retail Modern

Bukalapak mendukung dan membantu 14.2 juta mitra UMKM dalam mengubah toko mereka menjadi modern. Awalnya UMKM hanya menjual barang barang fisik saja lalu mereka bertransformasi dengan menjual produk digital juga. Bahkan Bukalapak memberikan training khusus berkaitan dengan teknologi dan akuntansi bagi pencatatan penjualan.

Bahkan 80% mitra Bukalapak merasakan perubahan yang begitu signifikan terkait teknologi dan business development. Sebanyak 42% market share meningkat di online-to-offline market. Serta meningkatnya pendapatan sebesar 3 kali lipat bagi UMKM. Ini merupakan milestone yang cukup menarik bagi Bukalapak serta mitra yang tergabung dalam Bukalapak‘s network.

2. Program Donasi Laptop

Sebanyak 43% pemilik UMKM adalah perempuan tetapi hanya 9.1% yang berkontribusi pada GMV karena kekurangan sumber daya. Oleh sebab itu, Bukalapak menyelenggarakan program donasi 10.000 laptop kepada perempuan dan murid di Indonesia. Dengan adanya program 10.000 laptop ini, besar harapan perempuan semakin produktif dan dapat memudahkan setiap pekerjaannya. Lebih dari itu, ini adalah salah satu pengenalan digital dan teknologi kepada masyarakat kalangan bawah.

Environment

media gathering

1. Webinar “Cerdas Hemat”

Tujuan dari rangkaian webinar “Cerdas Hemat” adalah untuk memberikan literasi terkait program go green kepada UMKM agar proses produksi serta konsumsinya memperhatikan beberapa hal yang dapat mengurangi limbah. Seperti melakukan daur ulang pada limbah plastik dan menjadikan produk tersebut layak untuk dijual.

Sebanyak 700 UMKM mengikuti acara webinar ini. Bahkan salah satu pesertanya langsung mengaplikasikan hasil dari webinar tersebut dengan mengajak orang-orang yang berada di lingkungannya untuk membuat suatu karya dari daur ulang. Diharapkan 700 UMKM ini dapat berkomitmen secara jangka panjang, tidak hanya pada rangkaian webinar saja.

2. Mengurangi Limbah Plastik

Bukalapak bekerja sama dengan Plasticpay untuk mendorong pembeli dari mitra untuk melakukan daur ulang. Pelanggan dapat menempatkan botol plastik bekas di Reverse Vending Machine di Mitra seluruh Jakarta dan mendapatkan poin yang nantinya dapat diuangkan. Bukalapak memiliki tujuan untuk meningkatkan tingkat daur ulang di Indonesia di atas 10%.

3. Bekerjasama dengan WWF Indonesia dalam Sustainable Commerce

Pada Agustus 2022, Bukalapak menandatangani MOU 3 tahun dengan WWF untuk memperkuat ESG strategy. WWF akan membantu Bukalapak dalam menerapkan praktik terbaik sumber berkelanjutan dan pengurangan limbah. Bukalapak juga akan bekerja sama untuk memberikan pelatihan dan pendidikan kepada UMKM yang menjual produk berkelanjutan untuk memungkinkan mereka meningkatkan bisnis mereka.

4. Program Mengurangi Limbah Makanan

Bukalapak bekerjasama dengan DBS Indonesia dengan kampanye “More Sustainability, Less Waste.” Bukalapak menyumbang 1 ton produk makanan kemasan, mencegah 1,43 ton total emisi CO2e dari sisa makanan. Sejalan dengan dedikasi terhadap bisnis yang berkelanjutan, Bukalapak akan secara rutin mendonasikan kelebihan produk makanan dari gudang Mitra Bukalapak.

Governance

Berkolaborasi dengan IBCWE, Bukalapak telah menerapkan serangkaian diskusi dan pelatihan bias gender untuk mempromosikan kesetaraan gender di tempat kerja. Melalui campaign #availABLE, Bukalapak bermitra dengan DIFAlink dan YPAS untuk meningkatkan tingkat ketenagakerjaan penyandang disabilitas. Saat ini ada pekerja magang yang ditugaskan untuk mendukung tim hukum, keuangan, dan CSM. Bukalapak mendapatkan award sebagai Gender Responsive Marketplace dari UN Women Asia Award pada tahun 2020.

Hasil dari media gathering yang Bukalapak lakukan adalah mendapat puluhan dan ratusan rilis secara gratis dari para wartawan. Walaupun Bukalapak memang mengadakan lomba menulis artikel bagi para wartawan. Tetapi hasil yang diperoleh bisa melebihi dari ekspektasi. Sehingga media gathering ini sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam meningkatkan eksistensi perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top