Peran Social Media dalam Menunjang Kegiatan Public Relation

Banyak pengertian yang menjelaskan bahwa public relation ini adalah proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat dalam menciptakan opini publik, memberikan persepsi, menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan menciptakan partisipasi publik. Proses ini mempunyai tujuan yaitu untuk saling menguntungkan, menanamkan keinginan baik, sehingga muncul citra yang baik dari publik terhadap perusahaan

Public relation secara garis besar ialah strategi perusahaan untuk membangun relasi baik dengan public supaya dapat mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di sekitarnya.

Public relation sangatlah penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas terhadap perusahaan yang bersangkutan.

Disaat pandemi yang berkepanjangan ini, kegiatan public relation sangat ditunjang oleh adanya social media. Mengingat untuk saat ini, hampir semua aktivitas dilakukan secara daring. Lalu, apa saja sih manfaat social media dalam kegiatan public relation? Berikut penjelasannya.

Perubahan Public Relation di Era Digital

Dengan perkembangan internet orang semakin mudah untuk mengakses informasi apa saja yang mereka inginkan. Hal ini akan berpengaruh untuk para praktisi PR terutama dalam membangun reputasi dari brand. PR dituntut untuk memiliki skill lebih untuk membangun reputasi, bukan saja melalui media konvensional, melainkan melalui berbagai platform media digital dan social media. Seperti yang kita ketahui berbagai jenis platform media digital dan social media juga memiliki demografik yang berbeda-beda. Maka dari itu, praktisi PR harus banyak melakukan research mendalam untuk mendukung usaha membangun reputasi dari brand terkait. Perkembangan ini juga mendekatkan hubungan brand terkait dengan publik, sehingga PR harus bisa memelihara hubungan yang baik dan harmonis. Brand yang memiliki reputasi positif merupakan kesuksesan dari PR dalam mengkomunikasikannya kepada publik melalui berbagai platform media.

Manfaat Social Media untuk Public Relation

Lantas apa manfaat lain dari alat jejaring seperti ini pada aktivitas PR? Berikut adalah beberapa manfaat social media untuk  PR:

1. Visibilitas Online

social media

©pexel.com

Social media dapat digunakan untuk membantu Anda meningkatkan kesadaran publik tentang perusahaan Anda dan citra bisnis secara keseluruhan karena penulis, blogger atau jurnalis online membantu menyebarkan berita tentang perusahaan Anda. Ketika perusahaan Anda membangun kehadirannya secara online, itu akan menjadi lebih terlihat yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, dan semakin banyak pembaca yang Anda tarik maka semakin tinggi pula jumlah pengikut dalam meningkatkan jangkauan komunikasi Anda.

2. Meningkatkan Komunikasi

Dengan kemudahan penggunaan social media, setiap orang dapat memposting pemikiran mereka tentang berbagai topik. Situs jejaring social media memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara cepat dari jumlah pembaca, dengan berbagai antusiasme dan pengalaman. Dengan menggunakan saluran komunikasi ini, Anda dapat mengembangkan hubungan dengan pembaca, yang kemudian dapat digunakan dalam aktivitas PR dan penargetan pemangku kepentingan untuk memastikan postingan yang relevan dan menarik sehingga lebih mungkin untuk dibaca.

Membangun hubungan awal ini baik untuk melibatkan dan mempertahankan pembaca, dan siapa pun yang mereka bagikan link blog Anda, tentunya akan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, memberikan posisi yang lebih baik di mesin pencari dan menarik lebih banyak pembaca. Perusahaan juga dapat mengetahui apa yang orang katakan tentang bisnis mereka sehingga mereka dapat menanggapi dengan cepat apapun yang muncul atau menggunakan pengikut mereka untuk menghilangkan perkataan dari mulut ke mulut.

3. Terintegrasi dengan Mudah

Kebanyakan orang tahu cara menggunakan satu atau beberapa alat social media sehingga perusahaan Anda harus bertujuan untuk memaksimalkan basis pembacanya dengan menggunakan koneksi staf online untuk mempromosikan bisnis dan memberi basis pembaca yang lebih besar. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang perusahaan Anda, dan apa yang dilakukannya, maka semakin besar kemungkinan bisnis akan berhasil dan menarik pelanggan setia.

Nah, itu dia ulasan mengenai manfaat social media dalam menunjang kegiatan public relation, pengelolaan opini publik mengenai bisnis Anda akan menjadi lebih mudah dengan social media. Lalu, apakah Anda ingin mengembangkan social media demi menunjang kegiatan public relation? G-communication dapat menjadi solusi yang terbaik!

Baca Juga : Top 5 Softskill yang dicari oleh perusahaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top