PR Digital semakin banyak dibicarakan dan diterapkan oleh perusahaan maupun lembaga. Hal ini karena ia memiliki keunggulan dan manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan PR konvensional. Walaupun demikian, kita tidak bisa menghilangkan PR konvensional begitu saja.
Tahun 2023, pemanfaatan digital akan semakin luas. Sekarang bahkan muncul AI atau artificial intelligence yang dapat memberikan beberapa keterampilan secara otomatis. Perkembangan digital di dunia ini semakin luas, hingga akhirnya PR pun akan terpengaruh secara langsung.
Pengertian PR Digital
PR Digital berarti suatu kegiatan kehumasan atau hubungan perusahaan/lembaga terhadap publik yang dikemas secara online melalui berbagai platform untuk menjaga dan meningkatkan citra baik perusahaan di mata publik
Tidak hanya terbatas pada media sosial saja, PR digital pun melingkupi website, SEO, serta aplikasi masuk ke dalam ranahnya.
Selain itu, PR digital sangat penting dalam meningkatkan reputasi brand serta menjangkau target audiens yang baru. Selain itu, digital public relations juga efektif dalam meningkatkan kata kunci pencarian yang berkaitan dengan brand atau perusahaan.
Beberapa ada yang menyamakan antara PR Digital dengan digital marketing. Walaupun sebenarnya hampir sama tetapi pada dasarnya hal tersebut berbeda.
Menurut Binus University, berikut beberapa perbedaan mendasar terkait PR Digital dan digital marketing:
- Membangun dan memelihara citra positif suatu bisnis di mata publik
- Melakukan publikasi tentang apresiasi dan prestasi yang diraih
- Menunjukkan keunggulan bisnis dibandingkan para pesaing
- Mengantisipasi kerugian yang mungkin timbul dari berbagai berita negatif.
Sementara, digital marketing terfokus pada hal-hal berikut:
- Memperoleh target pasar lebih cepat
- Meningkatkan frekuensi ketersebutan merek bisnis di dunia maya
- Meningkatkan engagement konsumen
- Mendorong munculnya review positif dari para konsumen secara online.
Tetapi pada akhirnya, keduanya harus berjalan beriringan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan serta membuat produk tersebut tetap ada.
Manfaat PR Digital
1. Meningkatkan SEO dan Ranking
Tujuan utama PR adalah mempertahankan keberadaan suatu brand melalui strategi PR yang baik. Salah satu strategi yang dapat kamu terapkan adalah SEO dan ranking dari hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex.
2. Meningkatkan Traffic Website
Jika strategi pertama sudah terlaksana, maka manfaatnya akan dirasakan ketika traffic website semakin meningkat dan pengunjung baru semakin bertambah. Hal tersebut menandakan bahwa banyak yang tertarik dengan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Semakin banyak orang mencari tahu, semakin tinggi kemungkinan brand kamu akan bertahan.
3. Membangun Kepercayaan Brand
Nah selanjutnya adalah membangun kepercayaan brand di mata publik khususnya konsumen. Tim harus membuat citra yang baik dengan merangkai artikel yang ramah SEO, sehingga konsumen akan menilai bahwa perusahaan tersebut kredibel serta memiliki rating yang bagus dari orang lain.
Pastikan tidak ada ulasan negatif atau sentimen negatif terhadap citra merek.
4. Menghasilkan Leads
Strategi PR digital yang baik harus menempatkan produk kepada audiens yang relevan dan tertarik. Semakin banyak orang membaca tentang produk kamu dan mengklik ke situs web, semakin banyak leads yang akan kamu hasilkan.