Perusahaan membutuhkan public relations agency untuk memasarkan dan menjangkau lebih luas pasar yang dituju. Public relations agency di Indonesia sangat banyak, salah satunya adalah G-Communications, yang sudah berkecimpung di dunia public relations selama kurang lebih 10 tahun. G-Communications memiliki banyak klien yang berasal dari lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta.
Sebenarnya apa pengertian dari public relations dan apa tugas dari public relations agency?
Pengertian Public Relations
Melansir dari PRSA, public relations adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya.
Public relations atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan hubungan masyarakat, biasa bersinggungan dengan komunikasi. Bagaimana public relations menyampaikan informasi kepada audience dan mempengaruhi mereka agar mengikuti apa yang mereka sampaikan.
Public relations berkaitan dengan mempengaruhi, mengikutsertakan, dan membangun hubungan dengan pemangku kepentingan utama di berbagai platform untuk membentuk dan membingkai persepsi publik tentang suatu organisasi.
Tugas Public Relations Agency
Tugas agensi public relations pasti berkaitan dengan komunikasi publik. Beberapa tugas yang biasa dilakukan oleh agensi public relations adalah sebagai berikut:
- Corporate Communications
- Crisis Communications
- Executive Communications
- Internal Communications
- Investor Relations Communications
- Marketing Communications
- Integrated Marketing/Integrated Marketing Communications
- Media Relations
- Content Creation
- Events
- Social Media
- Multimedia
- Reputation Management
- Speechwriting
- Brand Journalism
Melansir dari Forbes, PR agency memiliki tujuan untuk mempromosikan klien dan membuat mereka terlihat sukses, penting, terpercaya, dan sesuai dengan apa yang ingin publik ketahui. PR agency yang baik dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi krisis yang terjadi pada perusahaan klien.
Manfaat Public Relations Agency untuk Bisnis
Di beberapa perusahaan walaupun sudah ada bagian humas yang mencakup pekerjaan sebagai PR perusahaan, tetap saja peran PR agency masih sangat dibutuhkan. Berikut manfaat public relations agency untuk bisnis.
- Membantu Strategi PR Bisnis Anda
- Melakukan Research Citra Perusahaan dan Kompetitor Secara Komprehensif
- Mengatasi Krisis Manajemen
- Media Monitoring untuk Berita Baik Maupun Buruk
Dalam jangka panjang, menggunakan jasa agensi PR dapat mengurangi anggaran biaya perusahaan. Karena seluruh kebutuhan yang berkaitan dengan public relations dapat ditangani oleh satu PR Agency saja.
Itulah manfaat dari PR agency yang dapat membantu bisnis anda agar lebih maju dan berkembang. Tertarik menggunakan jasa PR agency? Hubungi kami di sini.