Tren Public Relations di Indonesia Tahun 2023

tren public relations
Image by rawpixel.com on Freepik

Tren public relations di Indonesia tentu akan mengalami berbagai macam perubahan. Apalagi sekarang sudah akhir tahun dan satu bulan lagi kita akan menyambut tahun baru 2023. Para ahli PR mulai memprediksi tren PR yang akan terjadi di tahun 2023.

Strategi PR harus kamu persiapkan dari sekarang untuk menyusun rencana di tahun depan. Artikel ini akan membantu kamu dalam merancang strategi PR yang baik agar perusahaan atau lembaga dapat menyampaikan informasi yang sesuai kepada audiens.

Tren Public Relations

Berikut beberapa tren PR di Indonesia Tahun 2023 menurut Andi Irman, CEO G-Communications.

1. Partnership

tren public relations
Image by rawpixel.com on Freepik

Sekarang sudah bukan zamannya untuk melakukan kompetisi dengan orang lain. Beberapa brand dan institusi harusnya lebih kolaboratif dalam menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya kerjasama antar lembaga pemerintahan untuk menciptakan program yang berguna bagi masyarakat luas.

Berkolaborasi dengan merek lain adalah cara baru untuk menciptakan gelombang sensasi dan keuntungan. Baik itu melalui hadiah, produk atau layanan, atau bahkan konten, orang-orang menyukainya ketika merek favorit mereka berkumpul.

Selain itu kamu juga bisa melakukan partnership dengan individu seperti influencers. Di tahun 2023 penggunaan influencers akan semakin marak dan menarik. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa influencers memberikan pengaruh yang cukup tinggi bagi brand maupun lembaga.

2. Engagement Not Promotion

tren public relations
Image by rawpixel.com on Freepik

Tahun 2023 tidak hanya promosi yang menjadi tujuan pemasaran. Jangan lupa untuk meningkatkan engagement atau keterikatan dengan pelanggan atau followers di media sosial. Mulailah dengan selalu membalas komentar dan instastory para pelanggan. Hal itu dapat menunjukkan bahwa brand memang peduli dengan customernya.

Menurut riset dari HootSuite, orang mengenal produk dari sebuah merek berasal dari komentar di media sosial. Nah kamu dapat memulai untuk memberikan komentar pada akun Instagram perusahaan lain, siapa tahu konsumen mereka dapat melirik produk kamu. Meningkatkan engagement sekaligus promosi dengan cara tidak langsung.

3. Data dan Metriks

Fokus pada data akan memudahkan kamu dalam menentukan konten dan konsep pemasaran yang lebih baik. Zaman sekarang, para praktis PR harus bisa dalam membaca data, baik itu dari data konsumen, data penjualan, demografi, dan lain sebagainya.

Apalagi lembaga pemerintah yang berurusan dengan masyarakat luas. Harus ada pengukuran yang jelas bagaimana tingkat keberhasilan suatu program. Oleh karena itu, penting adanya suatu metriks yang dapat menjadi patokan pengukuran dari keberhasilan program kerja atau tingkat konversi suatu produk.

4. Visual Content Creation

Di 2023, konten akan semakin banyak dan menjadi acuan utama dalam kegiatan PR. Visual Content Creation berarti konten-konten kreatif yang ditayangkan dalam bentuk gambar ataupun video yang dapat dilihat. Penggunaan platform tiktok, reels instagram, serta youtube short akan menjadi andalan utama untuk pemasaran dan strategi PR.

5. Buatlah Podcast

Podcast ataupun konten suara yang diunggah melalui platform khusus mulai menjadi sorotan akhir-akhir ini. Di tahun depan, podcast akan menjadi salah satu cara PR dalam memberikan informasi kepada publik atau bahkan melakukan klarifikasi. Beberapa bahkan sudah terjadi di tahun ini. Konten suara ini mudah untuk diakses dan dapat kamu manfaatkan sebagai pengantar tidur ataupun untuk hiburan belaka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top